Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Jumlah Sampah, Perusahaan Pengelola Apartemen Ini Terapkan Konsep Green Waste

Inner City Management (ICM), perusahaan pengelola apartemen di bawah naungan Agung Podomoro Grup berupaya menekan jumlah sampah yang masuk ke Bantar Gebang dengan menerapkan pengelolaan sampah terpadu di setiap apartemen yang dikelolanya melalui program Green Waste.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com
Bisnis.com, JAKARTA - Inner City Management (ICM), perusahaan pengelola apartemen di bawah naungan Agung Podomoro Grup berupaya menekan jumlah sampah yang masuk ke Bantar Gebang dengan menerapkan pengelolaan sampah terpadu di setiap apartemen yang dikelolanya melalui program Green Waste. 
 
Sebagai informasi, pengelolaan sampah sampai saat ini masih menjadi masalah pelik yang dihadapi oleh kota-kota besar, termasuk di Jakarta. Saat ini sampah di Jakarta yang masuk ke tempat pembuangan akhir sampah di Bantar Gebang jumlahnya mencapai 6.000 ton hingga 7.000 ton per hari.
 
Terkait hal itu, Inner City Management (ICM) turut berupaya membantu pemerintah daerah dalam menekan jumlah sampah yang masuk ke Bantar Gebang tersebut. Salah satunya dengan menerapkan pengelolaan sampah terpadu di setiap apartemen yang dikelolanya melalui program Green Waste. 
 
Saat ini sudah ada 8 apartemen yang dikelola ICM menerapkan Green Waste, yakni Superblok Podomoro City, Kalibata City, Green Bay Pluit, Green Lake Sunter, Sudirman Park Apartement, CBD Pluit, Rusunawa Daan Mogot dan Vimala Hills Gadog-Bogor.
 
Bambang Setiobudi Direktur ICM mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menerapkan Green Waste di seluruh apartemen yang dikelolanya. Pengelolaan sampah yang baik ini, lanjut Bambang, merupakan bagian dari layanan yang diberikan ICM kepada para pemilik apartemen.
 
Menurut Bambang, yang dalam waktu dekat ini akan diterapkan Green Waste adalah Marina Mediterania Residences, Ancol-Jakarta Utara. “Parahayangan Residences Bandung juga mau dan sudah minta, tinggal kami survei,” kata Bambang.
 
Koordinator Estate and Green Waste ICM, Kadek R Biantara menambahkan, konsep yang diterapkan dalam pengelolaan sampah oleh ICM menganut konsep 4R, yaitu Reuse, Reduce, Recycle dan Replant. Konsep tersebut diterapkan bersama-sama dengan 4G yaitu Green City, Green Waste, Green Water dan Green Energy.
 
Menurutnya, konsep tersebut memiliki banyak manfaat bagi pengelola apartemen dalam mengurangi sampah. Misalnya saja di Superblok Podomoro City di jalan S Parman Jakarta Barat yang sudah menerapkan konsep ini.
 
Di kawasan ini terdapat 14 tower apartemen yang terdiri dari 8.600 unit apartemen dan 130 ruko. Dari jumlah itu, sampah yang dihasilkan mencapai 600 kubik. Dengan adanya program ini, sampah tersebut dapat ditekan menjadi separuhnya.
 
Manfaat lainnya yakni bisa memberikan pekerjaan kepada para pemulung yang bertugas untuk memilah sampah organik dan anorganik. Seluruh hasil pemilahan sampah anorganik, seperti plastik dijual oleh pemulung kepada pengepul untuk kemudian diolah menjadi produk daur ulang. Adapun uang yang dihasilkan dari penjualan tersebut seluruhnya diberikan kepada pemulung. 
 
Sedangkan untuk sampah organik diolah menjadi kompos padat, kompos cair, dan gas metana. Kompos padat dapat digunakan untuk pupuk tanaman di lingkungan apartemen maupun diberikan kepada warga yang berada di sekitar apartemen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Riendy Astria
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper