Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Bedah Rumah 129 Hunian di Yogyakarta

Kementerian PUPR melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) menyalurkan bantuan perumahan senilai Rp 1,52 miliar untuk disalurkan kepada 10 desa di Yogyakarta.

JAKARTA – Kementerian PUPR melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) menyalurkan bantuan perumahan senilai Rp 1,52 miliar  untuk disalurkan kepada 10 desa di Yogyakarta.
Direktur Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Johny Sofyan Fajar Subrata mengatakan total terdapat sebanyak 129 rumah di Yogyakarta yang menerima BSPS atau bedah rumah dari Kementerian PUPR. Dia menyebut tingkat kepadatan rumah di kota Yogyakarta cukup tinggi. Oleh karena itu, kebutuhan akan perumahan pun cukup tinggi. BSPS ini disalurkan untuk membantu meningkatkan kualitas rumah masyarakat yang kurang layak huni.
“Selain itu, kami berharap perusahaan – perusahaan besar di Kota Gudeg ini bisa ikut membantu masyarakat di sektor perumahan melalui program CSR yang mereka miliki. Sebab penanganan masalah perumahan tidak akan mampu dituntaskan jika hanya mengandalkan dana APBN danAPBD,”katanya Rabu (17/1).
Johny menjelaskan (BSPS) merupakan bantuan pemerintah berupa stimulan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan/peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU). Bantuan tersebut diajukan oleh Pemda setempat dari seluruh Indonesia ke Kementerian PUPR.
Berdasarkan data yang ada, penyaluran BSPS di salurkan di lima kecamatan yakni Kecamatan Kota Gede, Ngampilan, Umbul Harjo, Wirobrajan, Tegalrejo yang terdiri dari 10 desa antara lain Prenggan (5 unit), Purbayan (16 unit), Rejowinangun (19 unit), Notoprajan (14 unit), Giwangan (12 unit), Sorosutan (7 unit), Tahunan (2 unit), Pakuncen (5 unit), Patangpuluhan (4 unit) dan Karangwaru (45 unit).
Sementara untuk tahun ini, Johny mengungkapkan alokasi pengembangan rumah swadaya ada di KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional), Tepatnya adalah untuk 10 kawasan plus 2 kawasan. Di mana sebanyak 2 kawasan dari arahan Presiden Jokowi. Di antaranya Danau Toba sebanyak 1.400 rumah, Kepulauan Seribu sebanyak 150 rumah, Mandeh sebanyak 347 rumah, Tanjung Kelayang sebanyak 150 rumah, dan Tanjung Lesung sebanyak 200 unit rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper