Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mochtar Riady: Soal Meikarta, Banyak Pengembang Sebel Sama Saya

Proses pembangunan megaproyek Lippo Group di timur Jakarta, Meikarta, tidak semulus yang diharapkan dengan terpaan berbagai isu negatif yang bertubi-tubi. Mochtar Riady, Pendiri Lippo Group, menyampaikan keluh kesahnya menghadapi isu yang tak kunjung henti menimpa proyeknya.
Mochtar Riady saat berbicara di acara Halal Bihalal Lippo Group/Jibi
Mochtar Riady saat berbicara di acara Halal Bihalal Lippo Group/Jibi

Bisnis.com, JAKARTA – Proses pembangunan megaproyek Lippo Group di timur Jakarta, Meikarta, tidak semulus yang diharapkan dengan terpaan berbagai isu negatif yang bertubi-tubi. Mochtar Riady, Pendiri Lippo Group, menyampaikan keluh kesahnya menghadapi isu yang tak kunjung henti menimpa proyeknya.

Mochtar mengatakan sesungguhnya pembangunan Meikarta memiliki tujuan yang baik untuk menciptakan kawasan kota yang dapat menyediakan hunian terjangkau bagi masyarakat di Cikarang dan Sekitarnya.

“Satu kesalahan saya, hanya melihat bagaimana menciptakan rumah yang terjangkau tanpa memikirkan yang lain,” ujar Mochtar dalam Seminar Infobank Mortgage Forum di Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Pada umumnya properti di Indonesia, kata dia, untuk membangun konstruksi hunian rata-rata harga tanah berkisar Rp9 juta per meter yang kemudian dijual dengan harga Rp13 juta per meter.

Dengan visi membangun hunian murah yang terjangkau, Mochtar ingin menjual hunian dengan harga Rp6 juta per meter persegi walaupun harganya di bawah harga umum.

Oleh karena itu,  dia mengatur pembiayaan konstruksi yang tepat dan lebih efisien agar dapat tercapai keinginannya untuk menjual hunian murah dan terjangkau.

“Saya jual Rp6 juta, ternyata saya merugikan banyak developer sebab mereka [pengembang] ya umumnya dengan harga Rp9 juta. Di sinilah banyak orang yang sebel sama saya. Ini bukan sengaja. Saya minta maaf,” papar Mochtar.

Banyak isu negatif terkait proyek Meikarta yang hingga kini masih menjadi buah bibir, seperti isu perizinan, proyek yang mangkrak, serta isu hutang vendor yang tidak dibayar yang masih berlangsung di PKPU.

Mochtar menjelaskan Meikarta masih tetap dalam progress pembangunan 32 menara yang akan diselesaikan dengan target Maret 2019 akan dilakukan serah terima unit.

“Kami bukan tidak mampu bangun, tapi setiap bangun banyak isu ke sana-kemari sehingga sempat terhenti,” ungkap Mochtar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Finna U. Ulfah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper