Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Punya Rumah? Ini Tips Beli Rumah Pertama Bagi Milenial

Memiliki properti di usia muda tak hanya menjadi impian jika dipersiapkan sejak awal.

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki properti di usia muda tak hanya menjadi impian jika dipersiapkan sejak awal.

General Manager Sales Rumah123 Maria Herawati Manik mengatakan untuk memiliki rumah pertama, hal pertama yang harus dilakukan adalah menganalisis kemampuan finansial.

Kedua, mencari kriteria rumah yang diinginkan dengan mempertimbangkan lokasi dan harga rumah yang sesuai dengan kemampuan finansial.

"Setelah itu, sudah pasti menghitung jika harga segini, bagaimana alternatif financingnya. Misalnya, rumah dengan harga Rp300 juta, saya harus menyicil Rp5 juta per bulan. Biasanya hitungan cicilan adalah 30% dari jumlah gaji," kata Maria di Festival Properti di Indonesia 2018 pada Rabu (14/11/2018).

Ketiga, kencangkan ikat pinggang. Menurut Maria, mencicil rumah bisa dilakukan dengan menghemat pengeluaran lainnya, misalnya saving dari pembelian kopi atau rokok.

"Pertanyaan selanjutnya adalah sanggup atau tidak. Solusinya tidak beli kopi atau rokok, milenial bisa mulai dari sana. Jika terus berpikir bisa atau tidak, pasti tidak akan keburu beli rumah," jelas Maria.

Keempat, mengatur pola pikir. Maria mengatakan pola pikir kehidupan harus diubah, yaitu berubah untuk hal yang mau dituju. Jika tidak memiliki shifting concept, menurtnya, milenial tidak akan bisa punya rumah.

"Kemudian, kembali lagi apakah rumah menjadi sesuatu yang harus dimiliki. Selama tidak ada inisiatif kesana, akan susah," tambah Maria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper