Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trans Pekan Sikawan: Pekanbaru Integrasikan Transportasi Massal Dengan Tiga Kabupaten

Pekanbaru menggandeng tiga kabupaten tetangga membangun konsolidasi di bidang angkutan umum yang terintegrasi untuk mendorong Ibu Kota Provinsi Riau ini menuju kota metropolitan.
Bus Trans Metro Pekanbaru, kelak akan diganti namanya menjadi Trans Pekan Sikawan./dipenda.pekanbaru.go.id
Bus Trans Metro Pekanbaru, kelak akan diganti namanya menjadi Trans Pekan Sikawan./dipenda.pekanbaru.go.id

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pekanbaru menggandeng tiga kabupaten tetangga membangun konsolidasi di bidang angkutan umum yang terintegrasi untuk mendorong Ibu Kota Provinsi Riau ini menuju kota metropolitan.

Direktur Utama PD Pembangunan Pekanbaru Hari Susanto mengatakan ketiga kabupaten tetangga tersebut adalah Kabupaten Siak, Kampar dan Pelalawan (Sikawan). Integrasi transportasi itu diberi nama Pekan Sikawan singkatan dari keempat kabupaten/kota tersebut.

“Pembentukan Pekan Sikawan sudah dituangkan dalam bentuk kerjasama antar kepala daerah. Tujuannya bagaimana kabupaten yang berbatasan langsung dengan Pekanbaru bisa menjadi kawasan penyangga menuju Pekanbaru jadi kota metropolitan,” kata Hari kepada Bisnis, Rabu (23/4/2014).

Pekanbaru sejak 2009 sudah memiliki transportasi massal berupa Transmetro Pekanbaru (TMP). Angkutan umum berupa bus ini akan mulai dioperasikan untuk melayani penumpang dari dan ke kabupaten tetangga di sekitarnya. Dengan dibentuknya Pekan Sikawan nantinya TMP akan diganti nama menjadi Trans Pekan Sikawan.

Saat ini ada 50 bus TMP yang beroperasi di Kota Pekanbaru. Dijadwalkan, Kamis (24/4) akan diserahkan 25 bus tambahan lagi. Bus tersebut akan dioperasikan di koridor Rumbai yang baru dibangun sekaligus untuk penambahan kekurangan bus di koridor lama.

Hari mengakui meski bus cukup nyaman bagi penumpang, waktu tunggu cukup lama antara 1 jam hingga 1,5 jam. Penambahan 25 bus diharapkan mampu mengurangi lamanya waktu tunggu penumpang.

Selain itu bus baru tersebut juga sebagian akan digunakan untuk jalur di kawasan Pekan Sikawan. Pertama kali akan dioperasikan di Kampar. Panjang jalurnya sekitar 20 km dari Kota Pekanbaru meliputi Kecamatan Siak Hulu dan Danau Bingkuang.

Ditargetkan tahun depan semua koridor Trans Pekan Sikawan di kabupaten tetangga sudah mulai beroperasi. Perencanaan awal di Pelalawan akan dioperasikan sampai kecamatan Seikijang sedangkan Siak sampai Perawang yang merupakan pusat industri di kabupaten tersebut.

“Kalau untuk Siak kami baru menyanggupi sampai Minas, sebab di Perawang konflik dengan pihak oplet sangat tinggi. Seandainya Pemkab Siak sanggup menjamin situasi terkendali kami siap mengoprasikan bus Trans Pekan Sikawan sampai Perawang,” kata Hari.

Bupati Kampar Jefry Noer berharap dengan adanya bus Trans Pekan Sikawan di wilayahnya mampu mengurangi tingginya tingkat kecelakaan. Dia berharap bus tersebut dapat beroperasi sampai Bangkinang yang merupakan kota kabupaten.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper