Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mayoritas TKI Asal Malang Jadi Pembantu Rumah Tangga

Mayoritas TKI asal Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang bekerja di luar negeri mayoritas menjadi pembantu rumah tangga (PRT) atau di bidang informal.

Bisnis.com, MALANG-Mayoritas Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang bekerja di luar negeri mayoritas menjadi pembantu rumah tangga (PRT) atau di bidang informal.

Sri Ramayawati, pemilik Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) PT Bina Dinamita Rama Kota Malang, mengatakan jumlah TKI yang bekerja di sektor informal lebih banyak dibandingkan dengan formal (tenaga ahli) diantaranya disebabkan tes yang relatif sulit.

“Faktor lainnya adalah menyangkut biaya yang cukup mahal. Sementara untuk non formal bahkan ada yang tanpa biaya,” kata Sri Ramayawati, Jumat (4/7/2014).

Dia mencontohkan untuk sektor formal sebagai tenaga perawat di Taiwan misalnya membutuhkan biaya Rp30 juta, sedangkan ke Korea biayanya  lebih mahal hingga Rp40 juta.

Sementara untuk sektor informal tidak memerlukan keahlian khusus kecuali bahasa. Bberkaca dari situ bekerja di sektor informal menjadi pilihan.

“Sektor informal tidak memerlukan keahlian khusus itulah banyak diminati,” jelas dia.

Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemkab Malang, Sukardi, mengatakan dalam beberapa waktu terakhir, dari 452 TKI yang berangkat 392 diantaranya bekerja di sektor  informal.

“Sedangkan yang bekerja pada sektor formal dalam catatan Disnakertrans  hanya sebanyak 60 orang,” ujarnya.

Pada sektor formal tersebut para TKI bekerja pada perusahaan elektronik atau otomotif. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mohammad Sofi'i
Editor : Taufik Wisastra

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper