Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KRISIS UKRAINA: AS Tuding Rusia Terlibat Langsung Serang Ukraina

Amerika Serikat menyatakan Rusia melakukan serangan artileri di sepanjang perbatasannya dengan Ukraina. Pernyataan itu merupakan tudingan pertama yang disampaikan secara terbuka bahwa Rusia terlibat langsung melakukan pemberontakan atas nama kelompok separatis Ukraina.
Militer Rusia /Reuters
Militer Rusia /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Amerika Serikat menyatakan Rusia melakukan serangan artileri di sepanjang perbatasannya dengan Ukraina.

Pernyataan itu merupakan tudingan pertama yang disampaikan secara terbuka bahwa Rusia terlibat langsung melakukan pemberontakan atas nama kelompok separatis Ukraina.  

“Rusia terlibat langsung melakukan serangan artileri untuk menyerang posisi militer Ukraina,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Marie Harf sebagaimana dikutip Bloomberg, Jumat (25/7/2014). Namun demikian, dia tidak memerinci bukti-bukti atas tuduhan itu dan hanya menyebutkan menurut sumber intelijen.

Tuduhan tersebut bertentangan dengan pernyataan Rusia bahwa negaranya tidak terlibat dalam membantu pemberontak pro Rusia untuk melawan kepada pemerintahan Ukraina di wilayah timur negara itu. Sejumlah pertanyaan terkait peran Rusia bermunculan sejak ditembak jatuhnya pesawat Malaysia Airlines pada 17 Juli yang menewaskan 298 penumpang dan awak pesawat.

Seangan artileri dari unit-unit militer Rusia di dekat perbatasan ditujukan pada target militer Ukraina, menurut juru bicara Pentagon, Steve Warren.

“Tidak perlu dipertanyakan bahwa ini merupakan eskalasi dari keterlibatan militer Rusia,:” ujar  Warren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper