Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIBUR LEBARAN 2014: Omzet PKL Kota Tua Meningkat Hingga 300%

Ramainya pengunjung yang memadati Kawasan Kota Tua membawa keuntungan bagi para pedagang kaki lima.
Ilustrasi: Wisatawan Kota Tua/Antara
Ilustrasi: Wisatawan Kota Tua/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Ramainya pengunjung yang memadati Kawasan Kota Tua membawa keuntungan bagi para pedagang kaki lima, tak tanggung-tanggung ratusan PKL yang ada bisa meraup keuntungan hingga 300% dibandingkan dengan hari biasanya.

Yono, pedagang minuman yang berjualan di area Taman Fatahillah, menuturkan selama menggelar lapak aneka minuman di situ dirinya mampu menjual lebih banyak barang dagangannya.

“Biasanya untung sekitar Rp100.000 - Rp150.000 per harinya, sekarang selama berjualan di Taman Fatahillah, bisa dapat Rp300.000 dalam sehari,” tuturnya kepada Bisnis.com, Kamis (31/7/2014).

Yono merasa diperbolehkannya berjualan di area Taman Fatahillah memberi berkah tersendiri baginya juga PKL yang lain. Walaupun hanya pada masa libur Lebaran izin itu dikeluarkan, dirinya mengaku tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut.

Senada dengan Yono, Surandi pedagang musiman lainnya juga merasakan mendapat keuntungan berlipat sewaktu berjualan di Kawasan Taman Fatahillah.

Pedagang sepatu anak-anak yang biasa berjualan di Mangga Dua ini hijrah sementara waktu ke Kota Tua lantaran mengendus aroma keramaian pengunjung.

"Memang sengaja pindah lapak dulu di Kota Tua, soalnya pasti pengunjungnya ramai kalau musim libur Lebaran," tuturnya.

Surandi mengatakan keuntungan yang diperolehnya saat berjualan di Taman Fatahillah mencapai Rp250.000 per hari. Padahal selama berjualan di Mangga Dua, lapaknya hanya memperoleh tak lebih dari Rp100.000 per harinya.

“Di sini penjualannya kenceng karena minim pesaing, tidak seperti di sana [Mangga Dua],” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper