Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India akan Perluas Layanan Keuangan bagi Rakyat

Perdana Menteri India Narendra Modi berjanji memberi akses lebih besar ke layanan keuangan untuk hampir 500 juta orang India yang tidak memiliki rekening bank.

Bisnis.com, NEW DELHI—Perdana Menteri India Narendra Modi berjanji memberi akses lebih besar ke layanan keuangan untuk hampir 500 juta orang India yang tidak memiliki rekening bank.

Menurutnya, banyak dari mereka sekarang terlalu bergantung pada rentenir yang mengenakan bunga terlalu tinggi.

Meskipun India telah tumbuh menjadi ekonomi ketiga terbesar di Asia, ribuan petani miskin bunuh diri setiap tahunnya karena mereka tidak dapat membayar utang.

"Dia mengambil pinjaman dari rentenir dan ketika tidak bisa melunasinya dia bunuh diri. Untuk pernikahan putrinya, orang miskin membutuhkan pinjaman dari pemberi pinjaman uang yang ia tidak dapat membayarnya kembali," ujar Modi seperti dikutip Reuters, Jumat (15/8/2014).

Menurut perkiraan pemerintah, sebanyak 146.373 kasus bunuh diri menimpa petani di India antara 2004 dan 2012. Jumlah korban cenderung menurun dalam beberapa tahun terakhir tetapi biasanya kembali meningkat di tahun ketika ada kekeringan.

Modi berencana membuka hingga 75 juta rekening bank baru di daerah pedesaan dan perkotaan pada 2018 serta memperluas layanan kredit dan asuransi untuk kelompok berpenghasilan rendah.

"Di bawah kebijakan baru, orang-orang akan mendapatkan kartu debit dan asuransi senilai 100.000 rupee untuk satu keluarga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lucky Leonard
Editor :
Sumber : reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper