Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ATRAKSI TERJUN PAYUNG 99 PERSONEL: Makna Angka 99 Bagi Presiden SBY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus menggunakan teropong untuk menonton atraksi terjun payung 99 personel gabungan TNI dan Polri di Canti Dharma kawasan Indonesia Peace and Security Center (IPSC) Sentul Bogor.
Presiden SBY/Bisnis.com
Presiden SBY/Bisnis.com

Bisnis.com, BOGOR - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus menggunakan teropong untuk menonton atraksi terjun payung 99 personel gabungan TNI dan Polri di Canti Dharma kawasan Indonesia Peace and Security Center (IPSC) Sentul Bogor.

Sementara itu, Ibu Negara Ani Yudhoyono menggunakan kamera digital dengan lensa panjang untuk mengabadikan atraksi terjun payung yang merupakan rangkaian peresmian tiga simbol perdamaian di kawasan tersebut.

Sejumlah Menteri Kabinet bersatu mendampingi SBY di antaranya Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo.

Sebanyak 99 personel terjun payung mempunyai makna tersendiri bagi SBY. Pertama, angka tersebut merupakan asmaul husna atau nama-nama baik dalam agama islam.

SBY juga menyumbangkan 99 unit laptop di Lebanon Selatan ketika menjadi petugas perdamaian. Hingga 2007 laptop itu masih digunakan siswa sekolah di tiap desa.

Dari sisi kuliner, SBY dan Ani Yudhoyono sudah dua kali makan nasi pecel di warung 99 Madiun Jawa Timur. Sedikitnya, sudah dua kali makan di tempat itu pada 18 Januari 2010 dan kedua pada 18 Maret 2014.

Di kawasan itu juga digelar Pesta Rakyat yang menggelar berbagai macam lomba seperti balap karung, memindahkan belut, tarik tambang dan panjat pinang.

SBY menyempatkan diri untuk melihat langsung perlombaan di sana. Perlombaan ini diikuti anggota TNI, prajurit mancanegara serta masyarakat umum di sekitar IPSC.

Pembangunan kawasan IPSC merupakan gagasan SBY yang muncul sepulang tugas dari Bosnia pada 1996. Di dalamnya dibangun fasilitas Pelatihan Pasukan Penjaga Perdamaian dunia antara lain Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP), Pusat Pasukan Siaga, Pusat Pelatihan Penanggulangan Terorisme dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT),

Kemudian Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan BNPB, Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Universitas Pertahanan Indonesia Kementerian Pertahanan dan Pusat Olahraga Militer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper