Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadapi China, India Luncurkan Kapal Perang Pertama Anti Kapal Selam

India akan meluncurkan kapal perang anti-kapal selam buatan dalam negeri pertama guna mengantisipasi patroli kapal selam China di dekat wilayah perairan negara tersebut.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - India akan meluncurkan kapal perang anti-kapal selam buatan dalam negeri pertama guna mengantisipasi patroli kapal selam China di dekat wilayah perairan negara tersebut.

Menteri Pertahanan India, Arun Jaitley akan memimpin acara peluncuran kapal berbobot mati 3.300 ton dengan nama INS Kamorta tersebut di pelabuhan Vishakapatnam, wilayah bagian selatan India hari ini. Peluncuran kapal perang itu dilakukan sepekan setelah PM India Narendra Modi memperkenalkan kapal perusak bersenjata nuklir tersebut dan berjanji akan meningkatkan sistem pertahanan negara itu.

Dengan demikian, ujarnya, tidak ada negara yang "berani mengancam" India sebagaimana dikutip Bloomberg, Jumat (22/8/2014).

India terus berupaya menandingi teknologi pertahanan China yang telah membangun 20 kapal perang dalam dua tahun terakhir. China juga mengirim kapal selam berkekuatan senjata nuklir ke perairan Samudera India pada Desember tahun lalu untuk melakukan patroli anti bajak laut selama dua bulan.

Perairan tersebut merupakan tempat lalu lintas 80% dari perdagangan minyak dunia dan sebagian besarnya menuju China dan Jepang.

“Peluncuran kapal perang ini bertujuan untuk memperkuat Angkatan Laut India guna menghadapi kapal selam China," ujar Laksamana Raja Menon, seorang pensiunan pejabat tinggi Angkatan Laut India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper