Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KRISIS UKRAINA: Tentara Rusia Dirikan Markas di Tenggara Ukraina

Ukraina menyatakan batalion tentara Rusia telah mendirikan basis di tenggara negara itu, di saat adanya laporan tentang mundurnya pasukan pemerintah di sekitar kota utama yang dikuasai pemberontak dari Donetsk, pada Rabu (27/8/2014).
 Tank militer Rusia melaju di jalan dari Sevastopol ke Simferopol/Reuters
Tank militer Rusia melaju di jalan dari Sevastopol ke Simferopol/Reuters

Bisnis.com, KIEV - Ukraina menyatakan batalion tentara Rusia telah mendirikan basis di tenggara negara itu, di saat adanya laporan tentang mundurnya pasukan pemerintah di sekitar kota utama yang dikuasai pemberontak dari Donetsk, pada Rabu (27/8/2014).

Klaim Ukraina datang hanya beberapa hari setelah Kiev menangkap tentara Rusia yang Moskow katakan telah menyimpang secara tak sengaja melintasi perbatasan.

Juru bicara keamanan Andriy Lysenko mengatakan "batalyon taktis" itu telah mendirikan markas dekat Desa Pobeda, sekitar 50 kilometer (30 mil) selatan Donetsk.

Dia mengatakan lima kendaraan lapis baja dan truk juga telah memasuki kota Amvrosiyivka, 25 kilometer sebelah timur laut Pobeda.

Kiev pada Rabu melaporkan iringan tank dan persenjataan berat dari Rusia menuju kota yang dikuasai pemerintah di wilayah bergolak Ukraina timur itu.

Iringan lebih dari 100 tank, kendaraan lapis baja dan peluncur roket terlihat melintasi jalan menuju Telmanove, kota berjarak sekitar 80 kilometer arah selatan dari basis pemberontak di Donetsk dan 20 kilometer dari perbatasan Rusia, kata militer Ukraina dalam pernyataan.

Pihak militer tidak merinci lebih jauh mengenai personel di dalam kendaraan-kendaraan militer itu ataupun kapan iring-iringan itu diperkirakan masuk ke Ukraina.

Belum jelas apakah iring-iringan ini sama dengan konvoi bersenjata yang dilihat oleh Kiev awal pekan ini melintasi perbatasan dari wilayah Rostov di Rusia menuju Donetsk di wilayah selatan Ukraina.

Militer Ukraina juga mengatakan bahwa kendaraan dalam jumlah lebih kecil telah melintasi perbatasan dari Rusia sekitar 110 km di timur Donetsk dan menuju basis pemberontak itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper