Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beginilah Kondisi Tim Transisi Setelah Bubar

Lewat tengah hari, dua personel pasukan pengamanan presiden sigap membuka pintu gerbang saat Andi Widjajanto turun dari mobil jenis Sport Utility Vehicle Range Rover.
Jokowi & JK/Bisnis.com
Jokowi & JK/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Lewat tengah hari, dua personel pasukan pengamanan presiden sigap membuka pintu gerbang saat Andi Widjajanto turun dari mobil jenis Sport Utility Vehicle Range Rover.

Tidak lupa Andi mengalungkan tanda pengenal warna putih bertuliskan ‘tim transisi’ untuk memudahkan paspampres mengenalinya sebagai salah satu deputi Kantor Transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Siang itu Kamis 18 September 2014 memang belum ada aktivitas yang dilakukan oleh para deputi maupun kepala staf kantor transisi Jl Situbondo No 10 Menteng Jakarta. Andi tampak nyentrik dengan mengenakan topi fedora, kacamata, kemeja batik warna ungu dan menggendong ransel Oakley ukuran besar.

Aktivitas kantor transisi memang berkurang drastis sejak Jokowi mengumumkan 34 Kementerian kabinet pada 15 September lalu. Secara substansi tugas 22 pokja tim transisis sudah rampung pada saat itu.

Selanjutnya tim penyelaras akhir yang bekerja untuk mensinkronkan program antar pokja untuk mempermudah koordinasi saat implementasi di lapangan. Jika tidak ada tambahan tugas, tim transisi akan dibubarkan pada akhir bulan September.

Meski bubar, kepala staf dan deputi masih standby hingga menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 20 Oktober mendatang. Tetapi setelah pelantikan, para kepala staf dan deputi ini mengaku belum dapat tugas dari Presiden terpilih Jokowi.

Publik memperkirakan jajaran perumus konsep pemerintahan ini akan ditarik oleh Jokowi masuk ke dalam susunan menteri kabinet. Namun Jokowi berulangkali menegaskan bahwa orang yang menduduki kantor transisi belum tentu jadi menteri.

Andi pun belum mendapat perintah lanjutan dari Jokowi mengenai tugas pascapembubaran tim transisi. Sejauh ini Jokowi sama sekali tidak pernah membahas nama menteri kabinet ke dalam ruang diskusi tim transisi.

Ketika ditanya ke mana lagi karir setelah dari tim transisi, Andi hanya menjawab ingin refreshing dengan cara liburan. Saat ini putra politikus senior PDI Perjuangan almarhum Theo Syafei itu sedang merencanakan liburan di dalam negeri.

“Liburan dulu saya, enggak tahu [lokasinya]. Ini lagi cari tempat liburan,” katanya.

Andi yang juga merupakan Sekretaris Tim Pemenangan Jokowi-JK memastikan tidak mungkin kembali mengajar di kampus Universitas Indonesia sebagai dosen FISIP. “Saya sudah mundur dari UI, jadi pasti enggak ke kampus,” ujarnya.

Belum jelasnya tugas tim transisi disampaikan oleh Kepala Staf Rini Mariani Soemarno. Ia justru mengatakan tim transisi masih berjalan terus jika dibutuhkan oleh Jokowi-JK.

Ketika ditanya kemana setelah tim transisi bubar, bekas Presiden Direktur PT Astra International periode 1990-1998 itu juga belum tahu pekerjaan selanjutnya. “Enggak tahu,” ujarnya singkat sambil memasuki ruang transisi.

Adapun deputi Akbar Faizal mengatakan setelah tim transisi bubar akan menengok kebun yang luasnya kurang dari satu hektare di kampung halaman. Belum ada pembicaraan dari Jokowi terkait pekerjaan setelah menjadi mantan tim transisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper