Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KETUA DPR 2014-2019: Koalisi Merah Putih Usung Setya Novanto, PDIP Perjuangkan Voting Tertutup

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan Koalisi Merah Putih (KMP) sepakat mengusung kader dari Partai Golkar untuk menempati posisi ketua DPR pada paket pimpinan lembaga legislatif tersebut.
Calon Ketua DPR 2014-2019 Setya Novanto/Antara
Calon Ketua DPR 2014-2019 Setya Novanto/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan Koalisi Merah Putih (KMP) sepakat mengusung kader dari Partai Golkar untuk menempati posisi ketua DPR pada paket pimpinan  lembaga legislatif tersebut.

"Sedangkan, kader dari empat partai anggota KMP lainnya akan diusung untuk menempati posisi wakil ketua DPR. Ada usulan seperti itu sesuai dengan komposisi perolehan kursi di DPR RI," kata Fadli Zon di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Menurut Fadli, pimpinan partai anggota koalisi akan membahas siapa saja figur dari Golkar yang akan diusung untuk mengisi posisi ketua dan wakil ketua DPR RI periode 2014-2019.

Namun Fadli enggan berspekulasi  siapa saja nama-nama kader partai yang akan diusung oleh KPM dalam paket pimpinan DPR RI.

Rumors yang beredar paket pimpinan DPR yang akan diusung oleh KMP pada pemilihan pimpinan DPR  adalah, Ketua Setya Novanto (FPG), wakil ketua Fadli Zon (Fraksi Gerindra), Zukkifli Hasan FPAN), Fahri Hamzah (FPKS), dan Hasyrul Azwar (FPPP).

Menurut Fadli, Fraksi Partai Gerindra dan fraksi lainnya di KMP akan mendorong agar proses pemilihan pimpinan DPR RI dipercepat menjadi malam ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono mengatakan  Partai Golkar mengusung Setya Novanto untuk diusulkan sebagai ketua DPR RI periode 2014-2019.

Menurut Agung, Partai Golkar hanya mengusulkan satu nama untuk calon ketua DPR RI, yang sebelumnya ada tiga nama yakni Setya Novanto, Fadel Muhammad, dan Ade Komaruddin.

"Untuk pimpinan MPR, Partai Golkar akan mengusung Mahyudin untuk menduduki jabatan sebagai salah satu wakil ketua MPR periode 22014-2019," ujarnya seperti dikutip Antara.

VOTING TERTUTUP

Dari koalisi Jokowi-JK, menurut catatan Bisnis, PDI Perjuangan akan mati-matian memperjuangkan  posisi Ketua DPR periode 2014-2019.

Ketua Bidang Hukum DPP PDI Perjuangan, Trimedya Panjaitan, mengatakan perjuangan yang dilakukan  PDIP  melalui langkah hukum sekaligus politik.

"PDI Perjuangan mendorong agar mekanisme pemilihan ketua dan wakil ketua DPR  dilakukan melalui voting tertutup," katanya.

Trimedya mengakui, jika PDI Perjuangan bisa menggolkan mekanisme pemilihan melalui voting tertutup,  masih ada harapan bagi PDI Perjuangan untuk menempatkan kadernya sebagai ketua DPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper