Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUMBAR EXPO 2014: Pameran di Bali, Kopi Kawa Jadi Unggulan

Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskoperindag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berencana menggelar Sumbar Expo 2014 di Bali, dengan mengangkat kopi kawa sebagai produk unggulannya.
Ini adalah ciri khas dari Minangkabau yang tidak dipunyai oleh negeri manapun di Nusantara ini. /Bisnis.com
Ini adalah ciri khas dari Minangkabau yang tidak dipunyai oleh negeri manapun di Nusantara ini. /Bisnis.com

Bisnis.com, PADANG - Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskoperindag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berencana menggelar Sumbar Expo 2014 di Bali, dengan mengangkat kopi kawa sebagai produk unggulannya.

"Sumbar Expo kembali dilaksanakan pada 13 hingga 16 November nanti di Bali. Kami akan membawa kopi kawa dari Tanah Datar sebagai produk unggulan terbaru kami," kata Kepala Bidang (Kabid) PUMKM Diskoperindag Sumbar, Desmadi Idrus di Padang, Selasa (14/10/2014).

Menurutnya, even ini akan menjadi media untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk unggulan Sumbar ke Nusantara hingga ke mancanegara, seperti produk makanan olahan seperti aneka keripik, handicraft, songket, birdir, sulaman, dan barang kulit.

Sumbar Expo 2014 di Bali nanti mempertemukan para pelaku usaha Sumbar dengan buyer baik lokal maupun internasional, sehingga dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengekspos peluang-peluang investasi yang ada di Sumbar.

Menurutnya, hal tersebut sangat penting untuk memberikan dukungan bagi pelaku usaha yang kebanyakannya adalah UKM untuk bisa membangkitkan kepercayaan diri dalam menghadapi MAE 2015.

"Sumbar Expo bertujuan selain untuk mempromosikan produk-produk unggulan, juga berpotensi untuk bertemu dengan para buyer yang berpotensi berinvestasi ke daerah kita, terutama sektor perdagangan dan pariwisata," jelasnya.

Disinggung kenapa memilih kopi kawa sebagai produk unggulan Sumbar Expo, Desmadi Idrus menjelaskan Diskoperindag Sumbar ingin mengangkat kembali minuman tradisional Minangkabau yang bermukim di daerah pegunungan, yang terbuat dari daun kopi.

Ia menambahkan selain ciri khas produk Sumnar, kopi tersebut memiliki kekhasan dalam cara penyajiannya, yakni disajikan dengan gelas dari tempurung. Tidak hanya itu, asal tempat dari kopi kawa sendiri merupakan potensi wisata alam yang bagus.

"Ini adalah ciri khas dari Minangkabau yang tidak dipunyai oleh negeri manapun di Nusantara ini. Oleh sebab itu, kami sangat antusias dalam mengangkat kopi kawa menjadi ikon produk unggulan di Sumbar Expo nanti," katanya.

Agar kopi kawa mempunyai nilai transaksi tinggi, yang dilihat dari nilai jual hingga nilai pariwisata, Diskoperindag Sumbar telah mempercantik kemasan dari kopi kawa tersebut, di mana para buyer nantinya tertarik untuk memesannya.

Dia mengatakan berbagai upaya dan strategi untuk mendukung tumbuh kembangnya UKM di Sumbar, di antaranya mendaftarkan merek dagang dari produk-produk UKM binaan Diskoperindag Sumbar ke Kemenkumham serta merek halal ke MUI dan BPOM di Sumbar.

Sumbar Expo yang dilaksanakan setiap tahun diharapkan bisa dimanfaatkan oleh peserta dengan selalu meningkatkan kualitas produknya sehingga bisa berdampak baik bagi perekonomian masyarakat Sumbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper