Iwan Fals /facebook.com
Entertainment

TRAGEDI GAZA: Musisi Iwan Fals Bikin Lagu Untuk Palestina

Sukirno
Rabu, 16 Juli 2014 - 00:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Musisi legendaris Iwan Fals menciptakan lagu khusus bagi Palestina yang saat ini tengah digempur Israel. Melalui akun Facebook-nya, penyanyi kawakan bernama asli Virgiawan Listianto itu mengumumkan telah menciptakan lagu untuk negeri Palestina.

"Lagu Palestina silakan didengarkan disini: www.palestina.iwanfals.co.id atau bisa juga dengarkan via website: www.iwanfals.co.id," katanya, Selasa (15/7/2014) malam.

Pengumuman itu tentu langsung mendapatkan reaksi positif dari fans Iwan yang tergabung dalam Orang Indonesia atau OI. Puluhan ribu orang langsung menyukai status Facebook Iwan.

Parulian Marbun, salah satu penggemar Iwan Fals, mengomentari status Facebook tersebut. Dia menyebut apabila kepedulian Indonesia kepada Palestina adalah demi “Bahwa kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa”, maka dirinya siap untuk menjadi relawan.

Demikian halnya bila demi,"Menjaga ketertiban dunia", maka kami juga jadi relawan, tulisnya.

Akan tetapi, sambungnya, bila itu demi yang bersifat primordialis, kesamaan religius, maka, dia memastikan akan tersisih dengan sendirinya.

"Bila demi kesamaan religi, dimana kita ketika terjadi kekerasan di tanah air, Sunni dan Syiah di Madura?" tanyanya.

Dia menanyakan apakah kita menjadi diam atas pembantaian etnik China Katolik di Tanah Air? Apakah kita menjadi diam (berarti setuju), ketika Gereja (rumah ibadah) dilarang berdiri?

"Kalau begitu, peristiwa di Palestina bisa jadi berpotensi perusak Nasionalisme Kebangsaan (Nation yg berdiri diatas keragaman) di Indonesia, Mudah-mudahan Abanganda Iwan Falls berkenan menjelaskan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro