The Hunger Games Mocking Jay/imdb.com
Entertainment

HUNGER GAMES Rajai Box Office Pekan Ini. Raih US$123 Juta

News Editor
Senin, 24 November 2014 - 14:02
Bagikan

Bisnis.com, LOS ANGELES -- Prestasi gemilang dicapai film The Hunger Games dalam jumlah raihan penonton akhir pekan.

Film "The Hunger Games: Mockingjay, Part 1" menjuarai tangga film box office akhir pekan dan menjadi pembukaan film terbesar tahun ini di AS dengan meraih pendapatan sebesar 123 juta dolar AS dalam penjualan tiket perdana, menurut perkiraan studio Lionsgate.

Pemutaran ketiga dari seri film laga blockbuster "Hunger Games" yang dibintangi Jennifer Lawrence itu lebih lanjut meraih penghasilan sebesar 152 juta dolar AS dalam pemutaran film box office di luar negeri, sehingga total penghasilan untuk pemutaran perdana film tersebut pada akhir pekan secara global mencapai 275 juta dolar AS, berdasarkan data dari perusahaan riset dan pencatat rekor film Rentrak.

"Mockingjay" memperoleh sebesar 17 juta dolar AS dalam pemutaran pada Kamis malam dan meraih pendapatan terbaik tahun ini untuk film yang diputar hari Kamis.

Namun, film tersebut mengalami penurunan pendapatan dari yang diperkirakan industri, yakni sekitar 148 juta dolar AS hingga pemutaran di hari Minggu.

"Akhir pekan ini (film 'Mockingjay') akan berakhir dengan penurunan dibandingkan dengan pemutaran film 'Hunger Games' kedua tahun lalu. Saat itu pemutaran film 'Hunger Games: Catching Fire' memimpin dengan pendapatan sebesar 158,1 juta dolar AS," kata Paul Dergarabedian, analis senior Rentrak.

Menurut Boxofficemojo, film "Hunger Games" yang pertama meraih pendapatan sebesar 152,2 juta dolar AS dalam pembukaannya pada akhir pekan tahun 2012.

Dalam film "The Hunger Games: Mockingjay, Part 1", aktris Jennifer Lawrence masih memerankan tokoh utama Katniss Everdeen, seorang pemanah muda yang menjadi "wajah" dari pemberontakan masal dalam masyarakat pasca-apokaliptik dystopian.

Lionsgate, studio di balik pembuatan film berseri "The Hunger Games", membagi cerita dalam buku terakhir trilogi fiksi karya penulis Suzanne Collins menjadi dua film, di mana film berikutnya "The Hunger Games: Mockingjay, Part 2" akan dirilis pada 2015.

Buku terakhir "The Hunger Games" mendapat penilaian yang "segar" dari dua pertiga pengulas buku di situs aggregator Rottentomatoes, sementara menurut CinemaScore, film Hunger Games yang diadaptasi dari buku ketiga itu mendapat nilai A minus dari para penonton.

Sementara itu, film action animasi produksi Walt Disney "Big Hero 6" menduduki posisi kedua tangga film box office, dengan penjualan tiket sebesar 20,1 juta dolar AS selama tiga hari dari Jumat hingga Minggu, dan meraih total pendapatan selama tiga minggu sebesar 135,7 dolar AS.

Selanjutnya, film tentang petualangan luar angkasa karya sutradara Christopher Nolan "Interstellar" berada di posisi ketiga dengan pendapatan sebesar 15,1 juta dolar pada tangga box office di Amerika Serikat dan Kanada.

Film itu meraih total pendapatan 120,6 juta dolar AS sejak pembukaan pada 5 November.

Film yang menjadi juara dalam tangga box office akhir pekan lalu "Dumb and Dumber To" jatuh ke posisi keempat dengan hasil penjualan tiket sebesar 13,8 juta dolar.

Kemudian, film karya sutradara David Fincher "Gone Girl" memperoleh pendapatan 2,8 juta dolar AS dan berada di posisi kelima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro