Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

lionel-messi  /Reuters
lionel-messi /Reuters

Bisnis.com, BARCELONA--Klub Spanyol, Barcelona,  ingin menggunakan Lionel Messi untuk membantu ekspansi ikatan-ikatan komersial mereka dengan Rusia meski terdapat ketegangan diplomatik antara Moskow dan Barat.

Wakil Presiden klub Spanyol itu Javier Faus, seperti ditulis di laman resmi klub itu menyatakan Rusia dan Brazil merupakan tempat-tempat di mana klub itu tidak memiliki mitra bisnis utama, dan ketika pemain asal Argentina, Messi, dapat membantu di Rusia, bintang Brazil Neymar dapat melakukan hal yang sama di negara kampung halamannya.

Faus mengumumkan bahwa hasil-hasil keuangan Barcelona untuk musim 2013/2014 adalah klub itu mencatatkan rekor pemasukan yakni 530 juta euro.

Barcelona yang dimiliki para anggota dilaporkan mencatatkan pendapatan bersih 41 juta euro pada musim lalu, meski kehilangan gelar juara liga yang direbut Atletico Madrid dan harus melihat rival abadinya Real Madrid menjuarai Liga Champions.

"Kami lebih kuat dan kami merasa kami memiliki kehadiran yang lebih hebat di seluruh dunia daripada yang kami miliki empat tahun silam," kata Faus, Selasa (29/7).

Rusia menghadapi ancaman sanksi-sanksi ekonomi yang serius akibat dukungannya kepada kaum separatis di Ukraina, yang dituding oleh Barat menembak jatuh pesawat penumpang Malaysian Airlines pada bulan ini, yang menewaskan 298 orang.

Wakil perdana menteri Inggris Nick Clegg dan sejumlah politisi Jerman meminta Rusia untuk dibatalkan haknya menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018.

Citra Barcelona mendapat pukulan pada Januari ketika presiden klub Sandro Rosell terpaksa mengundurkan diri, ketika ia dituding melakukan penghindaran pajak terkait kepindahan Neymar dari klub Brazil Santos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Y. Bayu Widagdo
Editor : Y. Bayu Widagdo
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper