Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA SPANYOL: Real Madrid vs Barcelona, EL CLASICO I, Preview & Skor

El Clsico -- yang dimulai pertama kali pada 1948 di Stadion Santiago Bernabeu, kandang Real Madrid-- kembali terjadi. Sabtu (25/10/2014), di stadion yang sama, Barcelona dan Real Madrid kembali bertempur. Ini partai terbesar di La Liga dan sarat pertarungan yang berbau politik.

Bisnis.com, JAKARTA - El Clásico -- yang dimulai pertama kali pada 1948 di Stadion Santiago Bernabeu, kandang Real Madrid-- kembali terjadi. Sabtu (25/10/2014), di stadion yang sama, Barcelona dan Real Madrid kembali bertempur. Ini partai terbesar di La Liga dan sarat pertarungan yang berbau politik.

Terlebih lagi, pertarungan itu, dinantikan oleh miliaran pencinta sepakbola bukan karena inilah El Clasico pertama musim ini. Tapi itu karena akan menjadi debut Luis Suares untuk Barcelona.

25-10- 2014

Sabtu

23:00

Liga Spanyol

Real Madrid vs Barcelona

RCTI

 Seperti dalam buku  Cristina Palomares The quest for survival after Franco: moderate Francoism and the slow journey, konflik antara Real Madrid dan Barcelona telah lama melampaui dimensi olahraga,  sehingga pemilihan presidensi klub 'yang sangat dipolitisir. The Clásico pertama pada musim ini  dan mesin sensasi berjalan pada kekuatan penuh.

Rupanya, ini bukan hanya permainan La Liga biasa: itu adalah -- bayang-bayang pertarungan d'Ballon Or  antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, pertandingan yang bisa mengatur nada untuk sisa waktu Luis Enrique sebagai manajer Barcelona dan, tentu saja, yang kilas pertama  Luis Suárez dalam warna Barca.

Pasar taruhan  memberikan  Real Madrid favorit marjinal dan itu tidak sulit untuk melihat mengapa. Mereka adalah juara bertahan Liga Champions dan dalam beberapa minggu terakhir mereka telah bermain seperti tim Terminator yang diberkati dengan kemampuan sepakbola dari tim Brasil di Piala Dunia 1982. Mereka telah mencetak 43 gol dalam 14 pertandingan dan Cristiano Ronaldo berada di puncak mutlak kekuasaannya. Ada juga keuntungan sebagai tuan rumah untuk dipertimbangkan.

Luis Suarez

Luis Suarez akan terbebas dari penantian panjang debutnya bagi Barcelona ketika klub pimpinan liga utama Spanyol itu bertandang ke Real Madrid dalam El Clasico pertama musim ini pada Sabtu (25/10).

Suarez sudah lama tidak ikut dalam pertandingan persahabatan bagi klub dan negaranya sejak dia dijual senilai 127 juta dolar AS dari Liverpool setelah dia menerima hukuman larangan bermain selama empat bulan karena menggigit bek timnas Italia Giorgio Chiellini di Piala Dunia Brazil lalu.

Pemain temperamental asal Uruguay itu akan diuji oleh suasana atmosfir panas di Santiago Bernabeu, namun debut Suarez bakal dibayang-bayangi oleh rekan satu timnya Lionel Messi.

Penyandang gelar pemain terbaik empat kali itu sedang membuat target menyamai rekor 251 gol pemain Athletic Bilbao Telmo Zarra yang dibuat pada tahun antara 1940 hingga 1955, dengan hanya terpaut satu gol tandang, yang akan sekaligus menempatkan Messi di daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa di liga utama Spanyol.

Sementara itu gelandang Andres Iniesta berharap keduanya akan bersinar untuk melanjutkan rekor kemenangan Barca di Bernabeu, dimana tim itu telah meraih empat kemenangan dari enam pertemuan dengan Madrid.

"Saya berharap Messi mencetak dua gol karena itu akan menjadi pertanda hebat bagi kami," kata pemain internasional Spanyol itu pada Kamis (23/10/2014) waktu setempat, tulis Antara mengutuip  AFP.

"Itu cukup sulit untuk mengetahui apakah anda akan bisa lagi karena semuanya sudah berbeda, itu bisa bergeser ke satu sisi atau ke moment yang lain, tapi kami ingin menunjukkan kekuatan kami, dengan bermain efektif dan memenangi pertandingan, ini tidak mudah untuk bisa menang di Bernabeu," katanya.

"Untungnya moment itu datang ketika Luis bisa bermain, dia sangat senang dan ini penting juga untuk pertandingan sisa grup, kami berharap penampilannya mampu menyelesaikan sesuatunya," katanya.

Sementara itu Madrid juga akan diperkuat bintang Piala Dunia yang juga pemenang sepatu emas James Rodriguez dalam pertandingan El Clasico itu.

"Ini nanti akan menjadi pertandingan yang keras, saya ingin bisa tenang, dan bisa membantu tim untuk meraih kemenangan," kata pemain asal Kolombia itu.

Adapun tugas berat akan dipikulkan ke bahu Rodriguez ketika Gareth Bale terpaksa harus absen bertanding karena cedera.

 

Real Madrid

Championship

Barcelona

International (Resmi)

0

FIFA Club World Cup

2

3

UEFA/CONMEBOL Intercontinental Cup (Defunct)

0

10

UEFA Champions League

4

2

UEFA Europa League

0

2

UEFA Super Cup

4

0

UEFA Cup Winners' Cup (Defunct)

4

0

UEFA Intertoto Cup (Defunct)

0

0

Inter-Cities Fairs Cup (Defunct)

3

Domestic (official)

32

La Liga (Primera División)

22

19

Copa del Rey

26

9

Supercopa de España

11

1

Copa de la Liga (Defunct)

2

1

Copa Eva Duarte (Defunct)

3

International (Defunct, non-official)

2

Small Club World Cup

1

2

Latin Cup

2

Domestic (Defunct, non-official)

0

Copa de la Coronación

0

0

Liga Mediterránea

1

0

Copa de la España Libre

0

0

Copa de Campeones de España

0

0

Copa de Oro Argentina

1

Regional International

1

Copa Iberoamericana

Pyrenees Cup

4

Regional Domestic (Defunct)

5

Campeonato de Madrid

N/A

12

Campeonato Regional de Madrid

N/A

5

Campeonato Regional Mancomunado Centro

N/A

N/A

Copa Macaya

1

N/A

Copa Barcelona

1

N/A

Campionat de Catalunya

21

N/A

Lliga Catalana

1

Friendlies

2

World Football Challenge

0

23 out of 34

Trofeo Santiago Bernabéu

N/A

N/A

Trofeu Joan Gamper

35 out of 47

0

Copa Martini & Rossi (Defunct)

6 out of 6

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper