Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jamal Pebalap Indonesia Kedua Menangi Etape Tour de Singkarak

Jamal Hibatulloh menjadi orang Indonesia kedua yang sukses menjadi juara etape Tour de Singkarak (TdS) 2017 dengan memenangi etape keempat.
Pebalap sepeda Indonesia Jamal Hibatulloh saat menjuarai etape keempat Tour de Singkarak 2017 di Sumatra Barat./Antara
Pebalap sepeda Indonesia Jamal Hibatulloh saat menjuarai etape keempat Tour de Singkarak 2017 di Sumatra Barat./Antara

Bisnis.com, PAYAKUMBUH - Jamal Hibatulloh menjadi orang Indonesia kedua yang sukses menjadi juara etape Tour de Singkarak (TdS) 2017 dengan memenangi etape keempat dari Dermaga Danau Singkarak Solok dan finis di Ngalau Indah, Payakumbuh, Sumatra Barat, Selasa (21/11/2017).

Ferinanto merupakan orang Indonesia pertama yang memenangi satu etape TdS. Dia mencatatkan prestasi gemilang itu ketika menjuarai etape pertama TdS edisi 2011.

Jamal, pebalap KFC Cycling Team, menyentuh garis finis setelah menang adu sprint dengan pebalap rombongan besar dengan catatan waktu 02:34:03 untuk menempuh jarak 106,4 km. Lawan terdekat Jamal adalah pebalap Gapyeong Cycling Team Korea, Eunseong Jung dengan waktu yang sama.

Saat masuk finis, pebalap berusia 20 tahun ini langsung mengangkat tangan dan berteriak dengan keras. Di ujung lintasan sudah ditunggu oleh manajernya, Parno, yang siap dengan keperluan yang diperlukan pebalap seperti minuman dingin dan lainnya.

"Akhirnya pecah telor juga. Ini adalah pencapaian yang luar biasa bagi kami. Ini tidak mudah karena persaingan sangat ketat sejak awal," kata Parno yang setiap harinya dengan setia memijat semua pebalapnya.

Hasil yang diraih pebalap Indonesia ini membuat masyarakat menyerbu paddock KFC Cycling Team karena hal tersebut merupakan kejadian langka selama gelaran kejuaraan itu. Masyarakat memanfaatkan kesempatan untuk berfoto bersama pemenang.

"Kapan lagi bisa seperti ini," kata salah satu warga Payakumbuh yang ikut berebut foto dengan Jamal Hibatulloh di paddock.

Meski banyak warga yang meminta foto, Jamal dengan santai meladeni permintaan tersebut meski terlihat cukup lelah. Bahkan saat semua pebalap KFC datang, warga semakin banyak mendekati tim pemenangan etape empat ini.

Saat dikonfirmasi, Jamal mengaku mulai menyodok sejak 20 km menjelang finis. Selain itu dirinya terus berada di rombongan besar dan beberapa kali melepaskan diri dengan rombongan. Kondisi tersebut membuat dirinya yang didukung tim yang solid mampu mempertahankan posisi terdepan.

"Sejak 20 km menjelang finis saya terus berusaha di depan," katanya dengan singkat.

Dengan hasil ini, Jamal tetap mempertahankan posisi sebagai pebalap Indonesia tercepat (red white jersey) dengan total catatan waktu 13:23:20. Pebalap Indonesia pesaingnya adalah Aiman Cahyadi dari Sapura Pro Cycling Team dengan selisih waktu 1 menit 59 detik.

Di etape empat ini Aiman Cahyadi finis di urutan keempat atau masuk rombongan besar yang berada di depan. Setelah etape empat selesai, pebalap yang finis akan menghadapi etape lima dari Solok menuju Solok Selatan, Rabu (22/11/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler