Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asian Games 2018: Upaya Majukan Produk Dalam Negeri

Sebagai salah satu upaya memberikan dampak ekonomi yang besar panitia pelaksana Asian Game 2018 berkomitmen untuk memajukan produk dalam negeri melalui penyediaan merchandise resmi Asian Games 2018.
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Perdana Menteri China Li Keqiang memegang maskot Asian Games 2018,  di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (7/5/2018)./Reuters
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Perdana Menteri China Li Keqiang memegang maskot Asian Games 2018, di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (7/5/2018)./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebagai salah satu upaya memberikan dampak ekonomi yang besar panitia pelaksana Asian Game 2018 berkomitmen untuk memajukan produk dalam negeri melalui penyediaan merchandise resmi Asian Games 2018.

Mochtar Sarman,  Direktur Merchandise Panitia Pelaksana Asian Games 2018 mengatakan  panitia Asian Games selalu mendahulukan perusahaan dan UMKM nasional agar menjadi pemegang lisensi merchandise resmi Asian Game 2018. Hal tersebut merupakan upaya pihak panitia dalam mempromosikan produk dalam negeri kepada dunia.

"Kami yakin dengan mengedepankan perusahaan dan UMKM nasional dalam menyediakan merchandise resmi Asian Games 2018 akan memberikan warisan yang positif untuk kedepannya," ungkap Mochtar, begitu dia dipanggil, pada acara jumpa media Asian Games 2018, di Ruang Press Conference Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Mochtar juga mengatakan bahwa proses pengadaan merchandise di Asian Games 2018, pihak panitia melakukan break through di mana produk-produk tersebut diproduksi tidak menggunakan dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

"Jadi kita sistemnya sistem bagi hasil dan sebelumnya itu tidak pernah dilakukan oleh event-event olahraga lainnya di Indonesia," ungkap Mochtar.

Nantinya, keuntungan yang didapatkan pihak panitia dari sistem bagi hasil penjualan merchandise tersebut akan diserahkan ke Pemerintah.

Panitia pelaksana Asian Games 2018 telah memilih 17 perusahaan dan UMKM nasional Sebagai pemegang lisensi untuk memproduksi dan menjual merchandise resmi Asian Game 2018.

Pemilihan pemegang lisensi tersebut dilakukan secara transparan dan akuntabel dengan mengumumkannya melalui website dan kemudian ditulis secara tepat berdasarkan kriteria yang dipersyaratkan.

Saat ini merchandise resmi Asian Games 2018 sudah dijual melalui website resmi Asian Game 2018 dandut resmi yang tersebar di beberapa Mall, Departement Store, e-commerce diantaranya; FX Sudirman, Pasific Place, Gandaria City, Alfamart, Website Asian Games, Blibli, Tokopedia dan sebagainya.

Harga produk merchandise Asian Games dibandrol mulai Rp15.000,- sampai Rp3,5 juta.

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu membeli merchandise resmi karena hasil dari penjualnya akan langsung diserahkan ke negara dan digunakan untuk kepentingan rakyat," tukas Mochtar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper