Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seri Pemungkas MotoGP di Valencia Penuh Drama

Seri balapan terakhir MotoGP musim 2018 berlangsung dramatis di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (18/11/2018).
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Seri balapan terakhir MotoGP musim 2018 berlangsung dramatis di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (18/11/2018), dengan perlombaan yang harus dilakukan start ulang karena hujan.

Pebalap Ducati Andrea Dovizioso mengklaim gelar juara seri pamungkas musim 2018 itu dengan turun di dua balapan yang terpisah, mengungguli Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) yang harus puas finis kedua dan ketiga, demikian laman resmi MotoGP.com pada Minggu.

Direktur perlombaan mengeluarkan bendera merah ketika balapan berlangsung 14 lap karena hujan turun lebat dengan sejumlah pebalap utama tergelincir dari lintasan termasuk juara dunia MotoGP 2018 Marc Marquez (Repsol Honda) dan Maverick Vinales (Movistar Yamaha).

Di balapan bagian pertama, Rins memiliki start yang bagus hingga pebalap Spanyol itu melesat dengan selisih 1,7 detik dari pebalap terdekatnya di lap pembuka.

Vinales, merebut pole position ketika babak kualifikasi yang kering pada Sabtu, tidak berkutik di lintasan basah pada balapan dan kehilangan tempat di depan.

Hujan turun semakin lebat dan kondisi lintasan semakin parah yang menyebabkan sejumlah pebalap berguguran seperti Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) dan Jack Miller (Alma Pramac Racing) di tikungan 3.

Kemudian Pol Espargaro sempat tergelincir ketika di posisi 4 di tikungan 3 tapi mampu kembali ke lintasan. Marc Marquez pun terjatuh di lap yang sama di tikungan 9, namun juara dunia tujuh kali itu tidak melanjutkan balapan.

Valentino Rossi (Movistar Yamaha), yang mengawali balapan dari P16, diuntungkan balapan yang "cukup berantakan" itu sehingga pebalap Italia berusia 39 tahun itu bercokol di posisi tiga dengan di belakang Dovizioso dan Rins.

Vinales yang sedang berusaha mengejar rekan satu timnya justru terjatuh di lap 13 di tikungan 13. Di lap yang sama, Franco Morbidelli (EG 0,0 Marc VDS) juga terjatuh di tikungan 8.

Dovizioso dan Rossi semakin menempel Rins di depan. Duo Italia itu akhirnya menyalip Rins ketika sang pebalap asal Spanyol itu melebar di tikungan 11.

Ketika Dovizioso baru saja melewati garis menyelesaikan putaran 14, bendera merah dikibarkan tanda balapan dihentikan dan akan dilakukan start ulang.

Karena balapan belum menyelesaikan tiga perempat bagiannya, maka balapan ulang sepanjang 14 putaran akan dilakukan dengan diikuti para pebalap yang mampu menyelesaikan 13 putaran balapan pertama. Posisi mereka di lap 13 menentukan posisi start mereka di balapan bagian kedua.

Sebanyak 16 pebalap turun di balapan kedua. Rins start dari posisi terdepan, Dovizioso P2, Rossi P3 dan Dani Pedrosa P4.

Dovizioso mampu menggeber dan mengendalikan GP18nya di lintasan yang masih basah di balapan kedua dan menyalip Rins.

Dovi memimpin grup pertama pebalap bersama Rins dan Rossi yang menguntit di posisi tiga. Hujan kembali turun namun balapan diteruskan dengan ketiga pebalap terdepan memimpin jalannya balapan.

Di lap 6, Dovi melesat di depan dan menciptakan jarak satu detik dari Rins.

Rossi membuat manuver dan menyalip Rins di tikungan empat dengan delapan lap tersisa.

Dengan enam lap tersisa, Dovi tak terkejar dengan jarak tiga detik dari Rossi. Namun kemudian Rossi terjatuh di tikungan 12, menguntungkan Espargaro dari KTM yang naik ke podium ketiga.

Dovi menyelesaikan balapan dengan jarak empat detik dari Rins di posisi runner-up. Espargaro menyelesaikan balapan dan mempersembahkan podium pertama bagi KTM di MotoGP.

Berikut hasil balapan lima posisi teratas MotoGP Valencia 2018, Minggu:
1. Andrea DOVIZIOSO, ITA, Ducati Team, Ducati,139.8, 24'03.408
2. Alex RINS, SP, Team SUZUKI ECSTAR, Suzuki, 139.5. +2.750
3. Pol ESPARGARO, SPA, Red Bull KTM Factory Racing, KTM, 139.1, +7.406
4. Michele PIRRO, ITA, Ducati Team, Ducati, 139.0, +8.647
5. Dani PEDROSA, SPA, Repsol Honda Team, Honda, 138.5, +13.351

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler