Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASIAN GAMES 2018: Perbankan di Palembang Siap Layani Valas

Perbankan menyiapkan layanan penukaran valuta asing (valas) di sejumlah titik mulai dari kantor cabang perbankan, perhotelan hingga ke venue dan Wisma Atlet Jakabaring Sport City Palembang (JSC), jelang perhelatan Asian Games 2018 di kota itu.
Warga berfoto di depan logo Asian Games 2018 di Jakarta./Reuters
Warga berfoto di depan logo Asian Games 2018 di Jakarta./Reuters

Bisnis.com, PALEMBANG -- Perbankan menyiapkan layanan penukaran valuta asing (valas) di sejumlah titik mulai dari kantor cabang perbankan, perhotelan hingga ke venue dan Wisma Atlet Jakabaring Sport City Palembang (JSC), jelang perhelatan Asian Games 2018 di kota itu.
 
Deputi Direktur Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumatra Selatan (Sumsel) M. Seto Pranoto mengatakan semua perbankan melayani penukaran valas, terutama bank pemerintah.
 
"Selain di kantor perbankan, penukaran mata uang bisa dilakukan di hampir semua hotel di Palembang yang bekerja sama dan juga di semua venue hingga Wisma Atlet selama perhelatan Asian Games 2018," paparnya, Sabtu (11/8/2018).
 
Seto mengaku tidak ada target jumlah layanan counter secara khusus, sebab saat ini Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki kartu ATM dari negaranya yang berlogo Visa atau Master Card yang memerlukan rupiah bisa ke ATM yang tersedia. 
 
"Saat ini, di venue JSC juga telah banyak dipasang ATM, sehingga cukup membantu kelancaran transaksi," ujarnya.

Sementara itu, Pemimpin Wilayah Bank BNI Palembang Dodi Widjajanto menyatakan menjelang Asian Games 2018, pihaknya melayani penukaran dan pembelian 17 mata uang.
 
"Layanan kami siapkan pecahan besar dan kecil. Setiap hari akan kami evaluasi terhadap kebutuhan dan juga jenis pecahannya selama Asian Games 2018," sebutnya.
  
Penukaran valas akan dilaksanakan di 15 titik layanan seperti di Kantor Cabang Palembang dan Cabang Musi Palembang di Jalan Jendral Sudirman. Layanan yang sama juga disediakan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Terminal Kedatangan Internasional dan Domestik. 
 
CEO Bank Mandiri Regional II Sumatra 2 Aribowo pun menyatakan pihaknya menyediakan layanan money changer di lokasi Wisma Atlet untuk mempermudah kebutuhan penukaran mata uang asing bagi peserta Asian Games 2018.
 
"Bank Mandiri menyiapkan 11 booth money changer untuk dapat melayani kebutuhan penukaran uang selama Asian Games 2018. Di JSC,  terdapat 9 booth  dan SPC Media Centre sebanyak satu booth dan Domestik Arrival Bandara SMB satu booth," terangnya.
 
Ada 17 mata uang yang akan disiapkan selama Asian Games 2018 berlangsung, yakni dolar AS, euro, riyal Saudi, ringgit, dolar Kanada, dolar Singapura, won Korea Selatan, pounds Inggris, yen Jepang, franc Swiss, dolar Taiwan, dolar Australia, dirham Uni Arab Emirat (UAE), baht Thailand, dolar Brunei Darussalam, dolar Hong Kong, dan yuan China.

 "Diperkirakan mata uang yang diperkirakan akan tinggi volume transaksinya adalah dolar AS, dolar Singapura, riyal Saudi, ringgit, yen Jepang, yuan China, dan baht Thailand," ucap Aribowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper