Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Gali Potensi Bisnis Pemasok Air Bersih

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III melalui afiliasi bisnisnya Pelindo Energi Logistik (PEL) tengah menggali potensi pasar pemasok air bersih di kawasan industri.
Air bersih. /jibi
Air bersih. /jibi

Bisnis.com, SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III melalui afiliasi bisnisnya Pelindo Energi Logistik (PEL) tengah menggali potensi pasar pemasok air bersih di kawasan industri.

CEO Pelindo III Ari Askhara mengatakan dalam menggali potensi tersebut PEL menggandeng PT SIER Puspa Utama dan BUMN konsultasi teknik PT Indra Karya.

"Kami sedang menjajaki peluang bisnis pemasok air, bahkan proyeksinya dapat membangun pabrik industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)," katanya dalam rilis, Rabu (15/8/2018).

Dia menjelaskan dalam kerja sama tersebut, masing-masing pihak akan berkontribusi sesuai dengan spesialisasi bisnisnya. PEL di bawah manajemen Pelindo III Group siap berinvestasi untuk peralatan dan pabrik AMDK. Sedangkan Indra Karya akan dipercaya sebagai operator pabrik dan mengurus perawatannya.

"Kemudian SIER Puspa Utama berperan sebagai penyedia sumber air bersih," imbuhnya.

Ari menambahkan, saat ini pihaknya tengah memulai studi pasar untuk mempertimbangkan efisiensi dalam menggunakan penyediaan sumber air bersih dengan SWRO (desalinasi air laut) ataupun BWRO (desalinasi air payau).

"Penyediaan sumber air bersih dari air laut dan air payau dipilih karena ketersediaan air tanah dan air sungai semakin terbatas. Permintaan air bersih yang semakin tinggi juga akan mengancam kelestarian lingkungan jika sumber air menipis," jelasnya.

Adapun rencananya dalam proses desalinasi saat menggunakan air laut atau air payau guna menurunkan kadar garam, pihaknya akan menggunakan teknik osmosis membran sehingga lebih efisien secara operasional dan lebih hemat energi jika dibandingkan teknik thermal.

"Kerja sama ini juga sangat strategis, karena akan ada sharing market yang sudah established. Baik pasar kebutuhan pengguna jasa di terminal yang dioperatori Pelindo III, maupun kebutuhan yang ada pada proyek-proyek di kawasan industri yang dikelola SIER Group," ujar Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper