Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penipuan Penggandaan Uang Gus Akbar Pasuruan Terbongkar

Kepolisian Daerah Jawa Timur mengungkap kasus penipuan yang berkedok penggandaan uang seperti halnya kasus Dimas Kanjeng beberapa tahun lalu.

Bisnis.com, SURABAYA – Kepolisian Daerah Jawa Timur mengungkap kasus penipuan yang berkedok penggandaan uang seperti halnya kasus Dimas Kanjeng beberapa tahun lalu.

"Kasus ini seperti kejadian Dimas Kanjeng, namun ini berbeda caranya. Tersangkanya Fahrul Akbar atau Gus Akbar (22) yabg mempunyai kelebihan bisa menyembuhkan penyakit," kata Wadireskrimum Polda Jatim AKBP Juda Nusa Putra saat merilis kasus itu di Surabaya, Rabu (17/10/2018).

Juda menjelaskan dalam aksinya Gus Akbar warga Gempol, Pasuruan menjanjikan kepada para korban dapat menggandakan uang sebesar Rp25-50 miliar.

"Modusnya seperti 'disirap' atau dihipnotis engan cara dipengaruhi menggunakan semacam jin. Ada empat korban yang menyerahkan uang sampai Rp500 juta selama enam bulan," ungkap Juda.

Saat proses penggandaan uang di ruang yang gelap, para korban diminta memejamkan matanya sambil membaca doa. Selanjutnya tersangka menghambur-hamburkan uang yang telah disiapkan terlebih dahulu untuk dicek para korban.

"Caranya bukan uang yang dimasukin dus. Uang-uang itu memang palsu, tapi kelihatan asli oleh korban karena korban sudah disirap atau dimasukin jin Gus Akbar, ada dua jin," ungkapnya.

Empat korban yakni Maarif, Yanto, Solikun dan Pujiono menyerahkan uang dan juga mobilnya atas pengaruh jin yang sudah merasukinya selama enam bulan.

"Gus Akbar ini sudah melakukan penggandaan uang selama empat tahun. Korban sementara hanya empat, mudah-mudahan setelah ini terekspos akan ada korban," ucapnya.

Yanto warga Jabon, Sidorjo, salah seorang korban mengaku tertipu hingga Rp20 juta. Pertemuannya dengan Gus Akbar bermula ketika saat dia menjual sepeda motornya.

"Setelah itu saya ditawari mau gak ikut dengannya (untuk menggandakan uang). Awalnya tidak percaya setelah itu dipraktikan uang jatuh dari atas. Saya melihat memang uang asli," tuturnya.

Tersangka juga menjanjikan uang Rp5 juta menjadi Rp500 juta bisa jadi miliknya asal mengikuti perintahnya dengan membeli minyak dan mandi kembang di Pantai Balai Kambang, Malang.

"Saya lalu membeli bunga dan mandi. Saya dijanjikan dapat Rp2 miliar tapi gagal. Saya akhirnya sadar setelah ke rumah Sodikun (korban lainnya) atau setelah 10 hari proses itu," ujarnya.

Sementara tersangka Fahrul Akbar mengungkapkan dia menggunakan jin untuk menipu para korbannya. Ada delapan jin yang dia punya sebagai "perewangan".

Enam untuk pengobatan dan dua untuk penggandaan uang. Dia juga mengaku telah bisa menyembuhkan macam-macam penyakit seperti jantung, katarak dan sakit akibat santet.

"Saya memang bisa menyembuhkan penyakit. Untuk penggandaan uang ini saya khilaf, uangnya saya buat foya-foya dan diberikan ke fakir miskin." ujarnya.

Dalam kasus ini, polisi mengamankan satu mobil Suzuki Karimun, satu mobil Honda Brio, dua kardus berisi uang mainan, satu buah televisi, satu tas ransel, satu tas berisi uang mainan, satu baju koko, satu buah surban dan satu sarung kotak-kotak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper