Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Performa Industri Perbankan Syariah di Sulsel Tertahan

Performa industri perbankan syariah di Sulawesi Selatan pada awal tahun ini cenderung masih tertahan seiring dengan masih rendahnya pemanfaatan produk oleh masyarakat setempat.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, MAKASSAR - Performa industri perbankan syariah di Sulawesi Selatan pada awal tahun ini cenderung masih tertahan seiring dengan masih rendahnya pemanfaatan produk oleh masyarakat setempat.

Kepala OJK Regional 6 Sulampua Bambang Kiswono mengatakan kondisi itu tercermin dari perkembangan aset bank umum syariah yang masih dalam level pelemahan di angka 3,36% pada Januari 2017, nyaris tidak bergerak dari performa tahun lalu.

"Total aset perbankan syariah Sulsel sebesar Rp6,66 triliun, komposisinya masih 5,3% dari total aset perbankan secaea keseluruhan di Sulsel," katanya, Jumat (9/3/2017).

Kendati demikian, lanjut Bambang, indikator bisnis lainnya pada perbankan syariah tetap mampu mencatatkan pertumbuhan positif, yakni penghimpunan DPK sebesar 10,365 serta penyaluran pembiayaan yang bergerak 3,46% secara tahunan.

Dia menambahkan, pertumbuhan yang baik juga terlihat pada perkembangan jumlah rekening DPK syariah yang tumbuh 17,06% menjadi 387.774 rekening, serta jumlah rekening pembiayaan syariah sebesar 979.751 rekening tumbuh 29,13% (yoy).

"Namun, FDR perbankan syariah Sulsel masih cukup tinggi yakni sebesar 145%, mesti lebih agresif menghimpun dana dari masyrakat. Pembiayaan memang cukup tinggi dibandingkan dengan penghimpunan DPK, tetapi NPF terjaga di angka 3,02%," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper