Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Marbot Masjid Istiqlal Dapat KPR Dengan Uang Muka 1%

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi dengan skema syariah (iB) bagi marbot atau pengurus Masjid Istiqlal yang terdiri dari para imam, muadzin, dan karyawan.
Masjid Istiqlal/wikipedia
Masjid Istiqlal/wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi dengan skema syariah (iB) bagi marbot atau pengurus Masjid Istiqlal yang terdiri dari para imam, mu’adzin, dan karyawan.

Program itu diharapkan menjadi integrator utama Program Sejuta Rumah. Proyek ini juga akan menjadi pilot project dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Peduli Umat.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan pemberian KPR Subsidi iB melalui unit usaha syariah (UUS) perseroan tersebut sebagai wujud kontribusi BTN meningkatkan kesejahteraan umat.

UUS BTN, lanjutnya, memberikan KPR Subsidi iB dengan uang muka 1% dan margin cicilan sebesar 5% selama 20 tahun. Dengan skema tersebut, marbot Masjid Istiqlal hanya perlu mengangsur sekitar Rp775.000 per bulan untuk dapat memiliki rumah. 

“Mudah-mudahan proyek ini akan menjadi model untuk diterapkan di seluruh Indonesia dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Peduli Umat. Model ini juga bisa diterapkan lintas umat beragama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan antar umat, sehingga tujuan untuk mempertahankan NKRI dari dukungan lintas umat bersatu akan mudah tercapai,” jelasnya di Jakarta, Rabu (21/6).

Adapun, pemberian KPR Subsidi iB ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara BTN dengan Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal tentang Penyediaan Pembiayaan Perumahan Subsidi bagi marbot Masjid Istiqlal di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta.

Penandatangan tersebut disaksikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Lana Winayanti, dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar. 

Dalam kesempatan yang sama, juga dilakukan serah terima kunci rumah subsidi secara simbolis kepada para Imam dan Mu’adzin Masjid Istiqlal. “Khususnya, kami mengucapkan terima kasih kepada Menteri Keuangan RI yang mengapresiasi kegiatan ini sehingga bisa terealisasi,” tambah Maryono.

Bagi para marbot Masjid Istiqlal, BTN bersama dengan developer menghadirkan perumahan khusus. Perumahan tersebut yakni Perumahan Panorama Kemang yang terletak di Parung, Bogor.

Perumahan yang dibangun oleh PT Multi Griya Propertindo itu, didirikan di atas lahan seluas sekitar 135 hektar. Dalam proyek ini, secara total akan dibangun 1.400 unit rumah yang dijual seharga Rp141 juta per unit. Hingga kini, tercatat telah dibangun 362 unit rumah dan 330 di antaranya telah terjual.

Nantinya, para marbot Masjid Istiqlal juga akan diberikan total bantuan sekitar 17,5% dari total harga jual rumah atau setara Rp24,5 juta per orang. Bantuan tersebut terdiri dari bantuan dari badan usaha milik negara (BUMN), bantuan uang muka pemerintah, dan bantuan lainnya.

Adapun dari BUMN, diberikan bantuan senilai Rp17,5 juta per orang. Total bantuan ini nantinya akan digunakan untuk subsidi uang muka dan biaya proses KPR BTN Subsidi iB. Dengan adanya bantuan tersebut, BTN akan memberikan KPR Subsidi iB sekitar Rp116,75 juta per orang.

Untuk tahap pertama, BTN akan merealisasikan KPR bagi 20 orang yang terdiri atas 10 orang Imam dan 10 Mu’adzin. Kemudian, untuk tahap kedua, UUS BTN akan merealisasikan pemberian KPR Subsidi iB untuk sekitar 80 karyawan Masjid Istiqlal. “Sehingga akan ada 100 orang yang akan dibantu Bank BTN melalui KPR BTN Subsidi iB,” ujar Maryono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper