Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenag Apresiasi Langkah BI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah

Kementerian Agama mengapresiasi komitmen dan kontribusi Bank Indonesia dalam berpartisipasi mendorong pertumbuhan ekonomi syariah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui lembaga pendidikan pesantren.
Pelayanan di salah satu bank syariah./Ilustrasi-Bisnis
Pelayanan di salah satu bank syariah./Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA-Kementerian Agama mengapresiasi komitmen dan kontribusi Bank Indonesia dalam berpartisipasi mendorong pertumbuhan ekonomi syariah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui lembaga pendidikan pesantren.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan komitmen Bank Indonesia sejalan dengan kebijakan Kemenag beberapa tahun terakhir ini dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi di Pondok Pesantren.

“Lembaga pendidikan khas Indonesia ini umumnya mengembangkan unit usaha. Para santri sejak dini diajari menjadi pribadi mandiri. Hal ini menjadi salah satu kekuatan Pesantren dalam kemandirian yang dikembangkan pada hal-hal produktif,” katanya, Jumat (10/11/2017).

Menag, seperti dikutip dari situs resmi Kemenag, menjelaskan sejauh ini ada beberapa kebutuhan Pondok Pesantren (Ponpes) bisa dipenuhi oleh santrinya sendiri. Sehingga kemampuan itu harus ditularkan kepada Ponpes lain, dan akan menjadi kekuatan ekonomi yang luar biasa.

Sebelumnya Lukman besama Gubernur BI Agus Martowardojo dan para pimpinan Ponpes berdiskusi mengenai penguatan ekonomi Ponpes berbasis syariah di dalam satu forum acara Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2017 yang digelar Bank Indonesia di Surabaya.

Lukman juga mengungkapkan Kemenag telah membentuk Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Tugasnya selain memfasilitasi jaminan halal pada makanan, minumam dan kosmetika, tapi juga membangunkan kesadaran halal bagi masyarakat di Indonesia.

Sementara itu Gubernur BI Agus Murtowardojo mengapresiasi Ponpes yang telah memberikan sumbangsih dalam membangun masyarakat Indonesia, utamanya pada bidang sosial keagamaan dan pendidikan serta ekonomi.

“Bank Indonesia akan terus memberikan perhatian kepada Pondok Pesantren agar dapat terus mengembangkan ekonomi syariah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper