Gunung Pangrango/wikipedia
Travel

Triwulan I/2017, Gunung Gede-Pangrango Tutup

Hafiyyan
Sabtu, 10 Desember 2016 - 11:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Sesuai surat edaran dari Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), pendakian ke Gunung Gede-Pangrango ditutup mulai tanggal 31 Desember 2016 sampai dengan 31 Maret 2017.

Dalam siaran pers yang dikutip Bisnis.com, Sabtu (10/12/2016), Kepala Balai Besar TNGGP Suyatno Sukandar menyebutkan, sebagaimana Surat Edaran Kepala Balai Besar TNGGP Nomor: SE.2253/BBTNGGP/Kabidtek/Tek.P2/11/2016 tanggal 9 Nopember 2016 tentang Penutupan Pendakian Gunung Gede Pangrango, maka telah dilakukan penutupan kegiatan pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mulai tanggal 31 Desember 2016 sampai dengan 31 Maret 2017.

Penutupan pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mulai tanggal 31 Desember 2016 sampai dengan 31 Maret 2017 dilakukan dalam rangka tiga kegiatan.

Pertama, pengamanan pengunjung TNGGP terutama bagi pengunjung pendakian, karena pada bulan-bulan tersebut adalah musim hujan (cuaca ekstrim) dengan disertai angin kencang dan suhu yang cukup dingin.

Kedua, pemulihan ekosistem hutan terutama pada sepanjang jalur pendakian dan puncak gunung serta alun-alun Suryakencana dan alun-alun Mandalawangi.

Ketiga, memberikan kesempatan kepada satwa liar untuk bereproduksi, karena sesuai hasil monitoring fungsional Pengendali Ekosistem Hutan pada beberapa titik jalur pendakian merupakan area perlintasan satwa liar yang dilindungi dan diperkirakan pada bulan-bulan tersebut merupakan musim kawin satwa liar tersebut.

"Dengan dikeluarkannya Surat Edaran tersebut, maka segala bentuk aktivitas pendakian ke Gunung Gede dan Gunung Pangrango ditutup untuk umum, namun kegiatan wisata alam lainnya (selain pendakian) tetap dibuka untuk umum. Demikian disampaikan untuk dapat dimaklum," papar Suyatno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro