Ilustrasi: Sejumlah armada kapal perang melakukan 'Sailing Pass' pada puncak Sail Tomini 2015 di pantai Kayubura, Pelawa Baru, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Sabtu (19/9)./Antara-Basri Marzuki
Travel

Sail Sabang 2017 Segera Digelar. Parade Kapal Disiapkan

Amanda Kusumawardhani
Rabu, 29 Maret 2017 - 16:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah mulai mempersiapkan gelaran Sail Sabang 2017 yang direncanakan berlangsung di empat lokasi yakni Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort, dan titik 0 km.

Nantinya pada acara puncak, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata akan menampilkan sejumlah atraksi antara lain tarian kolosal Laksamana Malahayati, toll ship parade.

Parade kapal ini akan diikuti oleh KRI Bima Suci dari Spanyol dan Tall Ship negara-negara yang dilewati India, Malaysia, Thailand, dan Singapura), Kapal Pemuda Nusantara, kapal riset Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII, dan konvoi 100 kapal yacht peserta Sail Sabang 2017.

Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 merupakan acara tahunan Sail Indonesia yang dimulai Sail Bunaken 2009 dan terakhir Sail Selat Karimata 2016. Gelaran acara ini bertujuan meningkatkan kontribusi wisata bahari dan menjadikan Sabang sebagai destinasi wisata bahari kelas dunia.

“Sail Sabang kali ini mengangkat tema Sabang sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, dalam keterangan resminya, Rabu (29/3/2017).

Menurutnya, acara-acara yang mengedepankan potensi pariwisata Indonesia harus dipersiapkan lebih awal, setidaknya dua tahun sebelumnya sehingga hasilnya lebih sempurna. Untuk itu, Luhut mengungkapkan acara ini harus memiliki manajemen marketing yang efektif dan intensif yang sudah berjalan selama satu tahun sebelumnya.

Saat ini, promosi Sail Sabang 2017 dilakukan melalui media online dan offline di antaranya promosi melalui media dalam dan luar ruang di tempat-tempat strategis di mancanegara antara lain di Changi Airport Singapura dan Kuala Lumpur International Airpor (KLIA) serta melalui tayangkan di CNN, BBC, dan FOX.

Nantinya, Sail Sabang 2017 juga akan dimeriahkan berbagai kegiatan yaitu Jambore Iptek, International Freediving Competition, Sabang Underwater Contest, Sabang Carnival, Kapal Pemuda Nusantara, Aceh Cullinary and Coffee Festival, Sabang Wonderful Expo and Marine Expo, Sales Mission Cruise Operatror and Yacht, dan Seminar Wisata Bahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro