Museum batik Danar Hadi/Istimewa
Travel

Mengenal Lebih Dekat Museum Batik di Indonesia

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 3 Oktober 2017 - 11:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap tahunnya pada tanggal 2 Oktober, Indonesia merayakan Hari Batik Nasional yang memperingati hari dimana pada tahun 2009.
UNESCO menobatkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) dari Indonesia.

Masyarakat Indonesia menandai Hari Batik Nasional dengan mengenakan Batik - entah itu untuk bekerja, sekolah atau bersosialisasi dengan teman dan keluarga - Batik adalah bagian besar dari budaya Indonesia sepanjang tahun.

Pola dan warna batik yang indah sangat lazim di beberapa bagian Jawa Tengah, seperti di Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan yang menawarkan tempat-tempat loka karya untuk para pelancong yang ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan pentingnya Batik, dan yang memiliki keinginan untuk membuatnya sendiri.

Airbnb telah mengumpulkan daftar toko, museum, galeri dan loka karya Batik terbaik serta mengajak Anda untuk menjaga tradisi tetap hidup - serta beberapa daftar tempat tinggal yang fantastis yang dapat Anda tinggali.

Robin Kwok, Manajer Negara Airbnb untuk Asia Tenggara, Hong Kong, dan Taiwan, mengatakan ketika orang-orang melakukan perjalanan dengan Airbnb, mereka sedang mencari pengalaman unik dan mempelajari lebih lanjut tentang tempat dan apa yang dilakukan oleh masyarakat sekitarnya.

"Indonesia terkenal dengan warisan budaya yang sangat kaya, data kami menunjukkan bahwa tahun lalu, sebanyak 819.000 pelancong telah mengunjungi Indonesia dengan Airbnb. Ini merupakan peningkatan sebanyak 93% dari tahun lalu.” ujarnya dalam siaran persnya.

"Batik adalah bagian integral dari budaya itu, banyak sekali kesempatan bagi para wisatawan yang ingin tahu untuk mempelajarinya dan mengalami proses pembuatannya. Dan berkat komunitas tuan rumah kami yang menakjubkan di Indonesia, para tamu dapat tinggal di rumah-rumah yang indah dekat dengan pusat perbatikan!'' tambahnya.

Berikut museum batik yang terkenal di Indonesia

Museum Batik Kuno Danar Hadi, Solo, Jawa Tengah

Toko batik ini pertama kali dibuka pada tahun 1967, dan kini telah berubah menjadi museum batik yang dikenal dengan House of Danar Hadi. Museum ini menyelenggarakan kursus pelatihan batik yang diperuntukkan bagi semua orang.
Untuk mengenal lebih jauh museum batik kuno Danar Hadi, Anda bisa tinggal di dekatnya yakni di Ndalem Parang Kesit dan Omah Boto

Mengenal Lebih Dekat Museum Batik di Indonesia

Batik Seno, Yogyakarta, Jawa Tengah

Batik Seno merupakan galeri batik lukis terbesar di Yogyakarta dan sudah eksis di dunia batik lebih dari 30 tahun. Belajar membatik di sini akan diajarkan langsung oleh para pelukis. Asyik kan?

Untuk tempat tinggal dengan nuansa tradisional, Anda bisa tinggal di Rumah Lotus, Village House, dan Riverside Villa in Tropical Setting

Mengenal Lebih Dekat Museum Batik di Indonesia

Museum Batik, Pekalongan, Jawa Tengah

Kota yang dijuluki City of Batik and Creativity ini memiliki salah satu sanggar batik yaitu Museum Batik Pekalongan. Museum ini memiliki banyak instruktur yang dapat mengajari Anda untuk belajar membatik dengan teknik yang terbaik.

Jangan takut untuk menjelalahi budaya Batik di Pekalongan dengan nuansa tempat tinggal yang sejuk seperti di Omah Sae dan Villa on a Foothill

Mengenal Lebih Dekat Museum Batik di Indonesia

Kampung Batik, Semarang, Jawa Tengah

Setiap sudut jalanan di Kampung Batik dihiasi mural yang menampilkan motif batik khas Semarang. Di tempat ini mereka menjual dan membuat batik di rumah-rumah para pengrajin batik dan juga menyediakan kursus singkat membatik.

Telusuri Kampung Batik dengan pilihan tempat tinggal di Spegiel Home dan Joglo Java

Mengenal Lebih Dekat Museum Batik di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro