Keindahan alam bawah laut di Pulau Menjangan Bali masih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Bali./Istimewa
Travel

Survei : 44% Wisman Tahu Bali dari Blogger dan Situs Pemesanan Online

Feri Kristianto
Rabu, 18 Oktober 2017 - 12:03
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR—Pelaku pariwisata di Bali disarankan meningkatkan promosi melalui teknologi daring untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

Hal itu sejalan dengan hasil survei perilaku wisman yang dilakukan Kantor Perwakilan BI Bali pada periode Agustus 2017. Survei tersebut menghasilkan data bahwa 44% wisman memperoleh informasi mengenai destinasi ini dari dunia maya.

“Melalui website seperti blogger dan situs pemesanan daring,” tutur Kepala Perwakilan BI Bali Causa Iman Karana dikutip dari hasil survey, Rabu (18/10/2017).

Survei dilakukan dengan sampel wisman sebanyak 1.021 orang, berasal dari Australia, China, Jepang, Prancis, Inggris, India, Malaysia, Jerman, Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Sebanyak 97% dari sampel yang di survey termasuk usia produktif (15-64 tahun) dan 73% dari total yang ditanya ternyata baru pertama ke Indonesia.

Selain promosi menggunakan jalur daring, BI juga menyarankan agar pelayanan, keramahan, dan kenyamanan kepada wisman tetap dipertahankan karena 30% wisman memperoleh informasi dan rekomendasi destinasi wisata di Bali dari teman yang pernah berkunjung.

Sementara itu, lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi ternyata masih terpusat di 3 daerah, yakni Badung, Gianyar dan Denpasar.

Wisman yang wisata ke Badung karena mengunjungi Kuta, Seminyak dan Nusa Dua, sedangkan kunjungan ke Gianyar karena hendak berwisata ke Ubud.

Adapun daerah di Denpasar yang membuat mereka datang adalah Sanur. Karena itu, pemda disarankan memberikan perhatian pengembangan destinasi di luar destinasi wisata di luar daerah.

Pasalnya kunjungan wisman ke Badung ternyata sama banyaknya dengan jumlah kunjungan ke sejumlah daerah di luar tiga kabupaten kota.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro