Canggu di Bali, Indonesia/Istimewa
Travel

Berikut Rekomendasi Destinasi Wisata Pengalaman di Asia

Wike Dita Herlinda
Selasa, 16 Januari 2018 - 17:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa tahun belakangan, wisata pengalaman makin populer di kalangan warga urban. Destinasi-destinasi eksotis yang tidak mainstream banyak diburu oleh pelancong dari berbagai belahan dunia, termasuk dari Indonesia.

Jika diperhatikan, para wisatawan asal Indonesia semakin banyak yang lebih mengedepankan cara-cara untuk memperoleh pengalaman baru, menjelajah tempat-tempat eksotis, dan memperkaya pengetahuan dengan merasakan kehidupan lokal di tempat asing saat liburan.

Banyak orang yang mulai tertarik pada sisi pengayaan pengalaman melalui penjelajahan, ketimbang sekadar menikmati pemandangan dan suasana saat berlibur. Mereka pun kini lebih suka disebut sebagai traveler ketimbang turis.

Berikut Rekomendasi Destinasi Wisata Pengalaman di Asia

Lantas ke mana sajakah para pelancong asal Indonesia yang hendak menikmati experience tourism di negeri orang? Sebuah riset yang dilakukan Airbnb belum lama ini mengungkapkan ada lima negara tujuan wisata pengalaman yang paling diminati orang Indonesia.

“Jepang, Singapura, Malaysia, Korea [Selatan], dan Thailand merupakan tujuan terpopuler bagi masyarakat Indonesia sepanjang 2017. Adapun kota tujuan terpopulernya antara lain Tokyo, Osaka, Singapura, Kuala Lumpur, Seoul, dan Bangkok,” ungkap Robin Kwok, Country Manager Airbnb for Southeast Asia, Hong Kong, and Taiwan.

Saat ini makin banyak wisatawan yang menginginkan lebih dari sekadar tur wisata yang biasa-biasa saja saat mengunjungi suatu negara. Mereka ingin mendapatkan pengalaman istimewa yang tidak ada di tempat lain dan bisa membantu memahami karakter asli dari kota yang sedang dikunjungi.

Berikut Rekomendasi Destinasi Wisata Pengalaman di Asia

“Mereka ingin mengakses komunitas dan tempat yang tidak bisa didapatkan oleh wisatawan pada umumnya, yang memungkinkan mereka untuk bertemu dengan wisatawan lainnya dan masyarakat lokal,” sambungnya.

Tidak hanya wisatawan Indonesia, pelancong di negara-negara Asia Tenggara lain juga sedang ramai mengikuti tren wisata pengalaman dan semakin berkeinginan untuk mencoba petualangan baru yang unik.

Oleh karena itu, kata Robin, ada beberapa rekomendasi destinasi wisata pengalaman di Asia yang dapat dijajal oleh para pelancong Indonesia untuk periode liburan berikutnya. Misalnya saja wisata membuat parfum di Seoul, bersepeda di wilayah urban Osaka, atau berkeliling benteng pada malam hari di Seoul.

Rekomendasi lainnya adalah mengunjungi One Kind House di Singapura, bersepeda di wilayah oasis di Bangkok, mengunjungi 'Di Mana Tuhan Lahir di Singapura', mempelajari seni kultivasi wasabi di Tokyo, atau mengikuti tur Tsukiji di Tokyo.

“Sebenarnya bukan hanya orang Indonesia yang sedang demam melakukan wisata pengalaman, tetapi orang-orang dari berbagai penjuru dunia juga ramai-ramai menyerbu Indonesia untuk melakukan experience travel. Tahun lalu, peminatnya paling banyak berasal dari Australia, Amerika Serikat, Singapura, Jerman, dan Inggris.”

Berdasarkan data Airbnb, sepanjang 2017, jumlah kedatangan tamu Airbnb ke Indonesia menembus 904.600 alias tumbuh 69% dari tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan popularitas Indonesia sebagai salah satu negara tujuan wisata pengalaman semakin meroket.

Berikut Rekomendasi Destinasi Wisata Pengalaman di Asia

Robin mengatakan daya tarik Indonesia juga memikat di kalangan wisatawan domestik. Menurutnya, hal itu disebabkan oleh lonjakan jumlah warga urban yang menyadari bahwa masih banyak yang dapat dilakukan di dalam negeri, dan mengambil kesempatan tersebut untuk menikmati sejarah, budaya, dan warisan yang ditawarkan di Tanah Air.

Adapun, destinasi wisata pengalaman domestik terpopuler pada 2017 berturut-turut antara lain Denpasar, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Ubud, Bogor, dan Lembang. Mengingat Bali dinobatkan sebagai tujuan wisata terbaik versi Airbnb pada 2017, tidak mengejutkan jika wisatawan banyak menyerbu tempat-tempat eksotis di Bali untuk mendapatkan pengalaman baru.

“Lingkungan terpopuler di Bali yang banyak diburu para penikmat wisata pengalaman antara lain Seminyak, Canggu, Kuta Utara, Sanur, dan Kuta Selatan/Semenanjung Bukit,” kata Robin.

Berikut Rekomendasi Destinasi Wisata Pengalaman di Asia

Adapun, beberapa vila di Pulau Dewata yang menjadi incaran para experience traveler dari berbagai penjuru dunia antara lain  Singaraja Villa dan Rice Field Bamboo Dome. Singaraja Villa menawarkan pemandangan 180 derajat pada posisi tinggi di salah satu bagian tersembunyi Bali.

Dengan pemandangan laut yang eksklusif, kata Robin, vila tersebut adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk bersantai dan menikmati angin sepoi-sepoi di pulau yang kerap dijuluki surga dunia itu.

Sementara itu, Rice Field Bamboo Dome merupakan kubah 2 lantai yang ramah lingkungan serta berlokasi di sawah. Kubah ini didesain untuk wisatawan yang peduli lingkungan dan pecinta alam. Terbuat dari bambu, para tamu dapat merasakan panorama sawah yang indah dari puncak kubah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro