Wisatawan berada di kawasan wisata lereng Gunung Merapi, Bungker Kaliadem, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (12/5). Aktivitas wisata lereng Gunung Merapi saat ini telah kembali normal pasca erupsi freatik Gunung Merapi pada Jumat (11/5). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Travel

Wisata Lereng Merapi Terus Mendapatkan Pantauan

Newswire
Senin, 18 Juni 2018 - 08:24
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, secara rutin memantau keamanan kawasan wisata di lereng Gunung Merapi pada libur Lebaran 2018 untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan.

"Kami terus memantau dan mengperbaharui informasi keamanan objek wisata di lereng Merapi, baik itu di wilayah barat maupun wilayah timur agar setiap perkembangan aktivitas Gunung Merapi dapat diketahui masyarakat dengan cepat," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman, Makwan di Sleman, Senin (18/6/2018).

Menurut dia, dalam dua pekan ini kodisi Gunung Merapi yang masih berstatus waspada atau level II tersebut masih aman terkendali dan tidak ada penigkatan yang signifikan.

"Sejak letusan freatik pada 1 Juni 2018, sampai saat ini Gunung Merapi masih aman, hanya hembusan-hembusan kecil dengan ketinggian berkisar antara 100-200 meter," katanya.

Ia mengatakan, saat ini jarak atau radius aman dari puncak Gunung Merapi masih tiga kilometer, sedangkan objek-objek wisata di lereng Merapi berada sekitar lima hingga tujuh kilometer dari puncak Gunung Merapi.

"Secara umum saat ini objek wisata di lereng Merapi masih aman, baik itu di wilayah barat di kawasan Kaliurang, Pakem maupun wilayah timur di Kecamatan Cangkringan," katanya.

Makwan mengatakan, sejumlah objek wisata tersebut pada libur Lebaran terpantau sudah banyak dikunjungi wisatawan sejak H+1 atau Sabtu 16 Juni.

"Di kawasan Kaliurang seperti di Taman Bermain Anak, Tlogo Putri, Gardu Pandang dan Museum Gunungapi Merapi sudah bayak wisatawan yang berkunjung, baik itu dengan kendaraan pribadi maupun rombongan," katanya.

Ia mengatakan, untuk di kawasan timur atau Volcano Tour wisatawan juga banyak berkunjung seperti di petilasan rumah Mbah Maridjan, Bunker Kaliadem, Kalikuning Park, The Lost World Castle, Kopi Merapi maupun Stone Hang.

"Jip-jip wisata lava tour juga banyak yang beroperasi mengantarkan wisatawan, rata-rata dalam satu hari terpantau lebih dari 50 jip yang jalan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro