Ilustrasi/Reuters
Travel

Pilihan Akomodasi yang Tepat untuk 6 Tipe Traveler

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 18 Agustus 2018 - 14:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Bagi masyarakat Indonesia, bulan Agustus 2018 terasa lebih spesial. Selain menjadi tuan rumah dari pesta olahraga terbesar se-Asia, ternyata hari libur nasional Kemerdekaan Indonesia ke-73 ini jatuh pada hari Jumat sehingga masyarakat bisa menikmati long weekend.

Menurut data internal Pegipegi, long weekend banyak dimanfaatkan oleh para pelanggan untuk staycation ke hotel-hotel favorit.

Bicara tentang staycation, Pegipegi sebagai salah satu Online Travel Agent (OTA) ingin memberikan beberapa rekomendasi, khususnya hotel atau akomodasi yang sesuai dengan tipe-tipe traveler Pegipegi.

Mengingat kebutuhan saat traveling berbeda-beda pada setiap pelanggan, tentu pemilihan akomodasi yang tepat, termasuk fasilitasnya, menjadi ‘salah satu hal wajib’ agar pengalaman liburan terasa semakin menyenangkan.

Berdasarkan data yang diambil dari Customer Review Pegipegi, para traveler ini dapat digolongkan menjadi enam tipe, yaitu single trip (solo traveler), couple trip, business trip, travel with friends, group tour, dan family trip.

Untuk menentukan akomodasi tepat beserta fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing traveler, berikut rekomendasi dari Pegipegi:

Single Trip (Solo Traveler)

Bagi pelanggan yang berencana melakukan single trip, Pegipegi merekomendasikan untuk memilih akomodasi yang dilengkapi dengan fasilitas kolam renang dan layanan spa.

Mengapa? Karena kedua fasilitas tersebut cocok untuk menikmati ‘me time’. Selain itu, akomodasi yang dekat dengan atraksi menarik seperti mal atau pusat perbelanjaan juga bisa dipilih sebagai alternatif hiburan.

Hal ini semakin didukung berdasarkan data Customer Review yang Pegipegi punya. Dari total fasilitas hotel yang dapat dipilih tipe single trip ini, ada sekitar 10% pelanggan memilih hotel yang dekat dengan pusat perbelanjaan. Selain itu, terdapat juga sekitar 15% pelanggan memilih hotel yang dilengkapi dengan fasilitas room internet connection.

Couple Trip

Spesial bagi pelanggan yang ingin berlibur atau staycation bersama pasangan, Pegipegi merekomendasikan untuk memilih akomodasi dengan fasilitas kolam renang pribadi atau private pool.

Fasilitas tersebut bisa menambah suasana romantis bersama pasangan. Pilih juga akomodasi yang menawarkan pemandangan cantik, seperti gunung atau laut.  Selain itu, fasilitas hotel yang menyediakan paket breakfast dan dinner romantis bisa menambah liburan menjadi semakin spesial bersama pasangan.

Pada saat melakukan pemesanan hotel di Pegipegi, selain fasilitas dan layanan yang disediakan hotel, pelanggan juga bisa melihat informasi tempat menarik di sekitar hotel serta jarak menuju lokasi tersebut.

Jika ada penambahan request khusus yang diinginkan, pelanggan bisa menuliskannya pada bagian “Permintaan Khusus” pada saat melakukan pemesanan di Pegipegi.

Business Trip

Bagi business traveler, liburan bukan menjadi fokus utama. Pemilihan akomodasi dengan fasilitas business center sangat direkomendasikan, karena dapat mendukung kebutuhan.

Usai lelah menjalani aktivitas bisnis, pelanggan bisa memanfaatkan layanan spa untuk melepaskan penat. Fasilitas lain yang cocok di tipe ini yaitu dekat dengan mal atau pusat perbelanjaan. Hal tersebut dapat membantu menghemat waktu saat harus membeli berbagai keperluan tambahan atau dadakan, khususnya untuk aktivitas bisnis.

Travel with Friends & Group Tour

Bagi pelanggan yang berencana melakukan perjalanan bersama teman atau group tour, sangat direkomendasikan memilih akomodasi yang nyaman dan strategis. Pemilihan hotel yang menyediakan promo juga bisa lebih meringankan kantong karena traveler jenis ini biasanya membutuhkan kamar dengan jumlah lebih dari satu.

Berdasarkan data yang Pegipegi punya, tipe traveler ini tidak terlalu mementingkan fasilitas hotel yang lengkap, namun fasilitas basic seperti air conditioner, room internet connection, free lobby wifi, sudah menjadi fasilitas wajib dan paling diminati. Selain itu, traveler jenis ini juga lebih banyak memilih hotel minimalis dan instagramable dengan tema menarik.

Family Trip

Bagi pelanggan yang ingin berlibur bersama keluarga, Pegipegi merekomendasikan akomodasi dengan fasilitas lengkap dan ramah anak. Mulai dari kolam renang, area bermain, layanan spa, pusat kebugaran, kamar mandi bathtub, hingga lokasi strategis yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan tempat wisata, atau atraksi menarik lainnya.

Selain dapat memenuhi kebutuhan keluarga, fasilitas yang lengkap dan ramah anak juga bisa menambah kenyamanan, khususnya si buah hati.

Dari semua tipe traveler ini, terdapat sekitar 80% basic facilities yang paling banyak diminati. Fasilitas tersebut diantaranya adalah air conditioner, room internet connection, free lobby wifi, dan non smoking area.

Sedangkan sekitar 20% lainnya memilih hotel dengan fasilitas pelengkap seperti swimming pool, TV satelit, atraksi terdekat, mini bar, business center, gym center dan fasilitas pelengkap hotel lainnya.

Evlin Winter, selaku Sr. Strategic Marketing Manager Pegipegi mengatakan, pilihlah akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentu kebutuhan dari setiap traveler itu berbeda-beda. Sebelum memesan, pastikan Anda telah membaca berbagai informasi yang dibutuhkan, termasuk fasilitas apa saja yang disediakan.

"Di Pegipegi, pelanggan bisa memilih akomodasi dengan mudah, mulai dari tarif, bintang, fasilitas favorit, review, atraksi menarik terdekat, tipe kamar, hingga informasi lain di sekitarnya. Harapan kami, semoga hal tersebut dapat membantu memudahkan pelanggan menemukan akomodasi yang tepat dan sesuai kebutuhan, " ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro