Harga emas kian tergelincir

Bisnis.com,17 Nov 2011, 09:30 WIB
Penulis: News Editor

 

SINGAPURA: Harga emas memerah dalam 2 hari terakhir mengikuti penguatan dolar terhadap euro di tengah kecemasan krisis utang Eropa yang masih dapat menyebar danh membuat pasar keuangan bergolak.
 
Emas lantakan untuk pengiriman segera turun 0,2% menjadi US$1.760 per troy ounce pukul 9.37 waktu Singapura, setelah sebelumnya turun 0,4%.
 
Kemarin  harga logam ini turun 1%, penurunan terbesar dalam seminggu. Harga emas berjangka pengiriman Desember terpangkas 0,9% menjadi US$1.757,60 di Comex di New York.
 
"Penurunan berkaitan dengan melemahnya euro. Seiring dijualnya euro, begitu juga emas," tulis David Thurtell, seorang analis di Citigroup Inc. 
 
Euro sendiri melemah dalam 4 hari terakhir, jatuh ke level terendah dalam 5 minggu terhadap dolar setelah Fitch Ratings mengatakan krisis utang Eropa yang memburuk menimbulkan resiko serius untuk bank-bank AS. 
 
Permintaan untuk mata uang AS juga naik sebelum laporan perkiraan untuk menunjukkan aktivitas manufaktur naik pada November.
 
Harga emas telah jatuh 1,6% minggu ini karena dolar naik 1,9% terhadap 6 mata uang utama, termasuk euro.
 
Sementara itu spot perak diperdagangkan sedikit berubah di US$33,7675 per troy ounce, sedangkan perak berjangka juga sedikit berubah pada US$33,78 per ounce. 
 
Adapun harga spot platinum turun 0,4% menjadi US$1.614 per troy ounce dan paladium kehilangan 0,4% menjadi US$647,75 per ounce. (arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Lestari Ciptaningtyas
Terkini