EMBARGO MINYAK IRAN: India akhirnya nurut AS, impor minyak Iran dipangkas 20%

Bisnis.com,08 Mei 2012, 10:42 WIB
Penulis: News Editor

WASHINGTON: India berjanji membatasi impor minyak Iran hingga 20%, menyusul tekanan dari Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton dalam kunjungannya ke India awal pekan ini.

 

Dua orang diplomat dan dua eksekutif kilang minyak India mengatakan India akan memangkas belanja minyak mentah Iran hingga 14 juta ton dari posisi 17,5 juta ton dalam 12 bulan terak

 

Mereka yang enggan mengungkapkan identitasnya itu mengatakan porsi impor minyak Iran akan dikurangi menjadi 7% dari fiskal impor India pada 2013, turun dari sebelumnya sebesar 10%.

 

“India mengusahakan pengurangan belanja minyak Iran, kami harap mereka dapat melakukannya lagi lebih dari itu,” kata Clinton kepada pelajar dan tokoh masyarakat di Kalkuta kemarin.

 

AS yakin produksi minyak dari Arab Saudi, Irak, dan negara-negara lain di Teluk Persia cukup untuk mengganti pasokan dari Iran untuk India, importir minyak terbesar Asia.

 

Dalam pertemuan di Delhi, PM India Manmohan Singh dan Clinton sepakat Iran harus memenuhi permintaan PBB mengeluarkan aspek militer dalam program nuklirnya. (Bloomberg/03/Bsi)

 

+++ Jangan Lewatkan ARTIKEL PILIHAN REDAKSI HARI INI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Puput Jumantirawan
Terkini