KERJA SAMA ASIA: China-Jepang-Korsel bahas perdagangan bebas

Bisnis.com,13 Mei 2012, 15:05 WIB
Penulis: News Editor

SHANGHAI: Para pemimpin China, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel) sepakat untuk memulai negosiasi pada tahun ini soal persetujuan perdagangan bebas antara tiga dari empat perekonomian terbesar di Asia ini.

 

Perdana Menteri Republik Rakyat China (RRC) Wen Jiabao, Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda, dan Presiden Korsel Lee Myung Bak bertemu di Beijing hari ini 13 Mei menyusul menteri perdagangan mereka yang telah menandatangani perjanjian investasi kemarin.

 

Menurut Wen, perjanjian perdagangan bebas yang akan menjadi pasar bagi lebih dari 1,5 miliar orang ini akan mendorong integrasi ekonomi di Asia Timur.

 

“Perjanjian ini akan mengembangkan perdagangan serta investasi baik trilateral maupun bilateral, dan menyediakan kerangka kerja yang komprehensif dan institusional dimana akan terjalin sebuah kerjasama trilateral yang luas,” kata ketiga menteri perdagangan kemarin.

 

Saat ini, China adalah mitra dagang terbesar baik bagi Jepang maupun Korsel, sedangkan Jepang dan Korsel, adalah mitra dagang China terbesar masing-masing ke-empat dan ke-enam. (Bloomberg/03/Bsi)

 

+ JANGAN LEWATKAN:

>>> 10 ARTIKEL PILIHAN REDAKSI HARI INI

>>> 5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

>>> 10 ARTIKEL MOST VIEWED BISNIS.COM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Puput Jumantirawan
Terkini