FINAL LIGA CHAMPIONS: Bayern Munchen, lebih beruntung

Bisnis.com,18 Mei 2012, 21:14 WIB
Penulis: Adi Ginanjar Maulana

Dari segi pengalaman melatih, hampir tak ada perbandingan apapun antara Jupp Heynckes [Bayern Munchen] dan Di Matteo [Chelsea]. Ketika Jupp Heynckes sudah memulai mantra pertamanya ketika memikul tanggung jawab atas Bayern Munich, Manajer Chelsea FC Roberto Di Matteo bahkan belum membuat debut profesional sebagai pemain.

 

Heynckes telah mencapai begitu banyak sejak itu. Terutama saat memegang kemudi Real Madrid CF untuk meraih Piala Eropa pertama mereka dalam 32 tahun pada 1998, tetapi, meskipun perbedaan yang jelas dalam silsilah pembinaan, pelatih berusia 67 tahun terkesan dengan Chelsea sejak Di Matteo mengambil alih pada Maret lalu.

 

Dan, seperti Bayern mempersiapkan untuk mengatasi rival Inggris mereka di Fußball Arena München pada Sabtu ini, veteran itu tahu untuk tidak percaya begitu saja pada taktis di bagian depan.

 

"Anda bisa melihat bahwa Chelsea bisa memainkan sistem yang berbeda," kata Heynckes, yang bertekad menjadi pelatih keempat yang memenangkan trofi dengan klub yang berbeda seperti dikutif dari UEFA.com.

 

"Mereka bermain benar-benar berbeda melawan Benfica [di perempat final] daripada yang mereka lakukan melawan Barcelona [dalam empat besar terakhir]. Saya memang berharap Chelsea menjadi sedikit berbeda dengan melawan Barcelona. Tim itu telah melalui periode yang sangat baik dalam minggu terakhir, dan mereka bermain lebih baik, sepak bola sukses. "

 

Mantan striker Jerman Barat, yang mengambil kendali Bayern untuk ketiga kalinya pada musim panas lalu, juga memiliki banyak rasa hormat terhadap para pemain yang mengikuti perintah Di Matteo.

"Mereka memiliki banyak pemain berpengalaman di tim mereka dan itu jelas bahwa mereka para veteran, para pemain yang sudah bermain di Chelsea selama bertahun-tahun, dan ingin memenangkan sesuatu yang besar. Dan itu sangat berbahaya bagi kami. Pertandingan akan terbuka dan kemungkinan 50-50,” katanya.

 

Tapi, harus diingat. “Kami mungkin sedikit untung dengan bermain di sini di rumah," ujar Heynckes mengingatkan.

 

Selain keuntungan, Heynckes tahu bahwa tampil di kandang merupakan kesempatan untuk menulis bab baru dalam sejarah klub saat Bundesliga berturut-turut meraih gelar pada 1988/89 dan 1989/90. Setelah semua, menang di kandang mereka sendiri di era Liga Champions adalah impian.

 

"Ini sesuatu yang istimewa untuk bermain final di stadion sendiri," katanya. "Ini sesuatu yang luar biasa, sesuatu yang tidak pernah terjadi [sejak 1965], sesuatu yang bersejarah. Jadi, tentu saja, akan lebih besar untuk memenangkan final..." (msb)

 

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA:

MORE ARTICLES:

+ JANGAN LEWATKAN5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini