KOMODITAS PLATINUMBuruh mogok, produksi Afsel terancam anjlok

Bisnis.com,29 Mei 2012, 23:14 WIB
Penulis: News Editor

 

LANDON: Produksi platinum di Afrika Selatan diperkirakan anjlok dipicu adanya pemogokan kerja para buruh dan masalah keamanan yang mengganggu pertambangan di wilayah tersebut.
 
Barclays Plc, produsen terbesar, memperkirakan produksi akan turun 0,4% menjadi 6,14 juta ounce tahun ini. Sementara itu, estimasi dari 13 analis dalam survei Bloomberg memperkirakan harga mencapai US$1.750 per ounce pada kuartal keempat atau menguat 22% dari harga saat ini.
 
"Harga platinum sangat murah saat ini," kata Thorsten Proettel, analis Landesbank Baden-Wuerttemberg seperti dikutip Bloomberg. 
 
Barclays  memperkirakan permintaan untuk platinum akan kurang dari yang diharapkan yakni tumbuh 1% menjadi 7.990.000 once tahun ini didorong pelemahan permintaan dari China. Pertumbuhuan China, pasar mobil terbesar di dunia, tercatat  8,1% pada kuartal pertama, laju paling lambat dalam hampir 3 tahun terakhir. 
 
Sementara itu, menurut LMC Automotive Ltd, perusahaan riset di Oxford,  menyebutkan penjualan mobil dan kendaraan komersial ringan siap naik 5,5% menjadi  79.400.000 unit,  rekor tahun ini. (sut)
 
 

BACA JUGA:

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sutarno
Terkini