BUMN TERBAIK 2012: 55 BUMN Bersaing Jadi Jawara

Bisnis.com,29 Nov 2012, 15:26 WIB
Penulis: Annisa Margrit

JAKARTA-Sebanyak 55 Badan Usaha Milik Negara bersaing untuk menjadi BUMN terbaik dalam kegiatan Anugerah BUMN 2012 bertemakan “Inovasi Untuk Optimalisasi Kontribusi” yang digelar oleh Majalah BUMN Track bekerjasama Forum Humas BUMN dan C.I.S School of Inovation.

Ketua Panitia Anugerah BUMN 2012 Hadi M Djuraid mengatakan kegiatan ini dilaksanakan di tengah tuntutan agar BUMN melaksanakan tiga fungsi strategisnya yakni sebagai instrumen ketahanan nasional, penghela pertumbuhan ekonomi nasional dan ujung tombak fungsi kepeloporan serta kebanggaan nasional.

“Untuk bisa menjalankan fungsi strategis itu, kata kuncinya adalah inovasi di segenap lini korporasi. Inovasi adalah kunci penting untuk memenangkan persaingan dan prasyarat bagi keberhasilan BUMN menjalankan proses transformasi menuju korporasi yang sehat dan unggul,” katanya hari ini (29/11).

Dalam konteks inovasi, paparnya, diperlukan stimulasi dalam bentuk atensi dan apresiasi agar inovasi itu terus berkembang menjadi corporate culture dan corporate identity BUMN menuju perwujudan kinerja bertaraf global (world class company).

“Salah satu wujud stimulasi itu adalah pemberian penghargaan bagi BUMN yang mampu mengembangkan berbagai ikhtiar inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja korporasi,” tuturnya.

Untuk meraih predikat terbaik pada setiap kategori, setiap BUMN peserta melalui tahapan seleksi yakni pengisian kuesioner, kajian kuesioner oleh tim C.I.S School of Innovation dan wawancara pendalaman kuesioner oleh panel ahli.

Panel ahli berjumlah 3 orang untuk setiap kategori terdiri dari seorang dewan juri dan dua  ahli yang kompeten di bidang kategori tersebut.

Dewan Juri Anugerah BUMN 2012 terdiri dari Dahlan Iskan, Tanri Abeng, Aviliani, Ilham Habibie, Muhammad Said Didu, Mas Achmad Daniri, Avanti Fontana, Hermawan Kartajaya, Andi Ilham Said, Bagus Rumbogo, N Syamsuddin Ch Haesy dan Hadi M Djuraid.

Khusus untuk kategori CEO BUMN Inovatif Terbaik, panitia mengundang Dr Sofyan A Djalil, Robby Djohan, Abdul Gani, dan Dr Rhenald Kasali sebagai Dewan Juri.

Penyerahan penghargaan akan berlangsung pada Kamis, 6 Desember 2012 di Hotel Four Seasons Jakarta. Adapun kategori penghargaan mencakup tiga aspek yakni input, proses, output inovasi.

Berikut 12 kategori penghargaan:1. Inovasi Manajemen BUMN Terbaik2. Inovasi GCG BUMN Terbuka BUMN Terbaik3. Inovasi GCG BUMN Non-Terbuka BUMN Terbaik4. Inovasi Produk Manufaktur BUMN Terbaik5. Inovasi Produk Agrikultur BUMN Terbaik6. Inovasi Produk Jasa BUMN Terbaik7. Inovasi Invensi Teknologi BUMN Terbaik8. Inovasi Aplikasi Teknologi BUMN Terbaik9. Inovasi Sumber Daya Manusia BUMN Terbaik10. Inovasi Pelayanan Publik BUMN Terbaik11. Inovasi Bisnis Global BUMN Terbaik12. CEO BUMN Inovatif Terbaik BUMN Inovatif Terbaik (Best of The Best) (28/yus) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: David Eka Issetiabudi
Terkini