INDUSTRI EROPA: Produksi Turun 1,4% Akibat Kelesuhan Di Jerman dan Prancis

Bisnis.com,13 Des 2012, 15:03 WIB
Penulis: News Editor

LUKSEMBURG—Produksi industri di Kawasan Uni Eropa tidak terduga jatuh pada Oktober 2012 dibandingkan bulan sebelumnya karena penurunan yang terjadi di Jerman dan Perancis.

Penurunan produksi di dua negara tersebut memang mengimbangi kelebihan produksi di Spanyol dan Portugal, tetapi pertumbuhan produksi itu tidak berpengaruh pada total produksi industri di kawasan itu.

Kantor Statistik Uni Eropa di Luksemburg mengumumkan produksi di kawasan Uni Eropa turun 1,4% dibandingkan dengan September.

Para ekonom telah memperkirakan tidak ada perubahan pada Oktober tahun ini. Yang lebih parah, produksi industri di kawasan itu turun 3,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pada pekan lalu, Bank Sentral Eropa memperkirakan ekonomi Kawasan Eropa akan berkontraksi 0,5% tahun ini dan 0,3% pada 2013.

Menurut Markit Economics, produksi manufaktur menyusut untuk bulan ke-16 pada November 2012 dan menambah tanda-tanda resesi.

Produksi industri di Jerman, ekonomi terbesar Eropa, turun 2,4% setelah penurunan 1,6% pada September. Perancis melaporkan penurunan sebesar 0,6%. Sementara itu, Spanyol dan Portugal mengalami peningkatan masing-masing 1,2% dan 4,8%. (Bloomberg/if) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wan Ulfa Nur Zuhra
Terkini