BANJIR DI JAMBI: Sungai Batanghari Meluap, 2.383 Rumah Terendam Air

Bisnis.com,26 Des 2012, 16:08 WIB
Penulis: Jessica Nova

JAKARTA—Sebanyak 2.383 unit rumah terendam banjir di Kabupaten Bungo, Jambi karena meluapnya anak Sungai Batanghari yaitu Sei Batang Bungo sejak Senin (24/12) hingga saat ini.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ribuan unit rumah yang terendam banjir antara 1 meter--2 meter itu, tersebar di 11 desa, 4 kecamatan.

Sebaran rumah yang terendam di 4 kecamatan itu sebagai berikut:- Kecamatan Batin 3, yaitu Desa Taman Agung 411 unit rumah, Desa Manggis 218 unit rumah, dan Desa Purwabakti 160 unit unit.- Kecamatan Pasar, di Desa Ekajaya 641 unit rumah, Desa Tanjung Gedog 276 unit rumah, Desa Batang Bungo 60 unit rumah, dan Desa Bungo Timur 35 unit unit.- Kecamatan Muko-Muko Batin VII, di Desa Tebat 29 unit rumah, Desa Tabang Tinggi 22 unit rumah, dan Desa Jalo 31 unit rumah.- Kec.Bungo Dani, di Desa Sei Pinang 501 unit rumah.

“Wilayah DAS [daerah aliran sungai] Batanghari hampir setiap tahun banjir, bahkan hujan yang deras dan kerusakan di kawasan itu menyebabkan sejumlah daerah di Jambi makin rentan dengan banjir,” tutur Sutopo, Rabu (26/12).

Dia menjelaskan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bungo, BPBD Provinsi Jambi, TNI/Polri, Tagana, Dinas Kesehatan dan SKPD lainnya masih melakukan penanganan darurat. (if) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wan Ulfa Nur Zuhra
Terkini