ICT CIMAHI: Pengusaha Desak BITC Dibenahi

Bisnis.com,16 Jan 2013, 17:59 WIB
Penulis: News Editor

CIMAHI–Pengembangan industri kreatif bidang teknologi informasi di Cimahi terkendala sumber daya manusia (SDM) dan minimnya penyediaan fasilitas pendukung sehingga perkembangannya tergolong lamban.

Sehubungan itu, keberadaan Gedung Baros Information Technology and Creative (BITC) di Cimahi sebagai pusat pengembangan industri kreatif berbasis teknologi perlu dibenahi.

Pendiri Komunitas 3D Animasi Indonesia Harry Riyadi, yang pernah menjadi instruktur di BITC, mengatakan keberadaan BITC sebenarnya sangat membantu para pemula yang sedang mencari tempat untuk belajar khususnya mengenai animasi.

Namun dia menilai para pengurus BITC kurang mengerti bidang yang sudah dipelajari. “Fasilitas yang diberikan tidak bisa dikatakan jelek, namun jika mereka juga mengerti  animasi pasti mereka akan memberikan yang lebih baik lagi”.

Dia mencontohkan fasilitas komputer serta alat yang diibutuhkan dalam pembuatan animasi seperti Render Farm yang diberikan kualitasnya tergolong lumayan. Namun, pengurus dapat memberikan fasilitas dengan kualitas lebih baik lagi jika mereka memahami kebutuhan para animator.

Harry menyarankan agar pengurus BITC memperluas pengetahuan tentang industri kreatif seperti animasi. Jika pengetahuan memadai, pengurus juga akan maksimal ketika melayani mereka yang memanfaatkan fasilitas di BITC. “Ada baiknya para ahli dilibatkan untuk jadi pengurus,” tuturnya.(k60/k6/k57/yus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yusran-nonaktif
Terkini