INDEKS BURSA EROPA Stoxx Europe 600 Turun 0,1% Jadi 285,97

Bisnis.com,16 Jan 2013, 07:16 WIB
Penulis:

PARIS--Saham-saham Eropa sedikit berubah seiring kekhawatiran bahwa pembicaraan masalah plafon utang akan merugikan ekonomi AS dan laporan yang menunjukkan lemahnya pertumbuhan Jerman dari perkiraan diimbangi oleh bagusnya penjualan utang Spanyol dari target.

Saham IG Group Holdings Plc tergelincir 1,1% setelah menyatakan pendapatan pada semester pertama akan jatuh. Saham SAP AG tenggelam yang dalam 6 bulan setelah laporan laba yang tertinggal dari perkiraan.

Saham Air Liquide SA turun 1% setelah Bank of America Corp memangkas rekomendasinya pada saham tersebut. Saham Hennes & Mauritz AB naik 3,6% setelah membukukan penjualan yang mengalahkan perkiraan analis.

Indeks Stoxx Europe 600 turun kurang dari 0,1% ke level 285,97 pada penutupan perdagangan. Indeks ini telah naik 2,3% sejak dimulainya tahun ini setelah parlemen AS menyetujui RUU Anggaran.

"Kami telah reli setelah fiscal cliff didorong keluar," kata Lucy MacDonald, Chief Investment Officer di Allianz Global Investors di London.

"Sekarang fokus akan kembali ke masalah fiscall cliff dan plafon utang. Itu bisa menjadi katalis untuk jeda," tambahnya.

Sebanyak 11 indeks acuan nasional turun dari 18 bursa Eropa Barat. CAC Perancis turun 0,3% dan DAX Jerman merosot 0,7%. Indeks FTSE 100 naik 0,2%.

Volume saham yang ditransaksikan di Stoxx 600 adalah 17% lebih tinggi dari pada rerata 30 hari terakhir. (spr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sylviana Pravita RKN
Terkini