BANJIR JAKARTA: Jokowi Minta Dukungan Politik DPR, MPR & DPD

Bisnis.com,21 Jan 2013, 15:39 WIB
Penulis:

JAKARTA—Setelah mengunjungi korban banjir di sejumlah titik di DKI Jakarta, Gubernur Jokowi hari ini (Senin (21/1/2013) kembali melakukan ‘blusukan’ ke pimpinan tiga lembaga tinggi negara.

Jokowi tidak saja bertemu dengan Ketua MPR, Taufiq Kiemas dan Ketua DPR, Marzuki Alie, mantan wali kota Solo tersebut menemui Ketua DPD, Irman Gusman secara maraton. Tujuannya satu, untuk  meminta dukungan dalam penanganan banjir di ibukota yang telah memakan banyak korban.

Didampingi asisten bidang pemerintahan, Sylviana Murni, Jokowi tampak akrab dengan Taufiq yang juga politisi senior PDIP. Maklum, PDIP merupakan partai pengusung Jokowi  untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada lalu.

Tak tanggung-tanggung, Taufiq pun ikut mengantar Jokowi untuk selanjutnya menghadap Ketua DPR, Marzuki Alie usai membicarakan masalah banjir dengan jajaran pimpinan MPR.

"Wah ini luar biasa, Ketua MPR Taufiq Kiemas sampai mengantar gubernur DKI. Mengantar kadernya ?," kata Marzuki dengan nada guyon.

Selain Taufiq, wakil ketua MPR yang juga anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Meilani Leimena juga ikut mengantar gubernur DKI Jokowi untuk bertemu pimpinan DPR yang satu partai dengan Meilani.

Menanggapi guyonan Marzuki, secara spontan Taufiq pun menjawab: "Saya ngantar orang kesusahan. Mengantar orang kesusahan itu perlu dengan hati," kata Taufik Kiemas dengan nada datar.

Jokowi pun terlibat pembicaraan serius soal penangan  banjir dengan jajaran pimpinan DPR, termasuk tiga wakil ketua DPR masing-masing Taufik Kurniawan, Priyobudi Santoso, dan Pramono Anung.

"Karena banjir ini tak bisa DKI saja, tapi kalau didukung semua elemen akan bisa diselesaikan," kata Jokowi kepada wartawan di sela-sela pertemuan tersebut. Karena itu, tambahnya, pihaknya melakukan konsultasi kepada MPR, DPR serta DPD agar bisa segera menyelesaikan masalah banjir.

Usai bertemua Marzuki, Jokowi pun bergegas menemui Ketua DPD, Irman Gusman yang didampingi para wakil ketua DPD dan tiga senator Jakarta masing-masing AM Fatwa, Fifi Effendi, dan Supardi.

Tidak jauh berbeda apa yang disampaikan Jokowi pada dua pertemuan sebelumnya, di depan Irman, Jokowi memaparkan enam program untuk mengatasi banjir yang antara lain dipercepatnya normalisasi sungai Ciliwung, Pesangrahan, Angke, dan Sunter.

Dengan tangkas Jokowi kemudian memaparkan perlunya membuat sudetan Sungai Ciliwung di  Jalan Otista (Otto Iskandar Dinata) ke Kanal Banjir Timur, membangun Waduk Ciawi dan Cimanggis. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sutarno
Terkini