INDUSTRI MAKANAN MINUMAN: Pasok bahan baku masih aman

Bisnis.com,22 Jan 2013, 21:02 WIB
Penulis: News Editor

JAKARTA:  Pasokan bahan baku industri makanan dan minuman relatif aman hingga satu bulan ke depan di tengah tingginya curah hujan dan gelombang air laut.

Distribusi produk juga masih dapat terkendali meski keadaan di lapangan tidak dapat diprediksi.
 
Sekjen Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Franky Sibarani mengatakan rata-rata stok pasokan bahan baku industri masih ada setidaknya untuk 15 hingga 30 hari.

Para pengusaha juga telah menyiapkan titik distribusi di setiap regional.
 
"Kalau dikatakan bermasalah, iya, tetapi belum sampai pada tahap yang mengkhawatirkan. Bisa dibayangkan dampaknya bila jalanan jadi tergenang air atau kapal yang tidak bisa berlayar karena gelombangnya tinggi," kata Franky, Selasa (22/1/2013).
 
GAPMMI memang merasa terganggu dengan banjir di Jakarta yang sampai menggenangi ruas jalan tol menuju Pelabuhan Merak-Bakaheuni dan gelombang tinggi di Selat Bali dan Lombok.
 
Menurut laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan serta gelombang air laut diprediksi masih akan tinggi hingga pekan ketiga Februari 2013.
 
Dia menambahkan distribusi yang bermasalah sebenarnya hanya untuk produk-produk yang masa kedaluarsanya relatif singkat, misalnya roti tawar. Akan tetapi, untuk produk seperti biskuit lebih tahan lama.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam-nonaktif
Terkini