TELEPON PINTAR: Iphone Teratas Di AS, Android Kuasai Pasar Dunia

Bisnis.com,23 Jan 2013, 05:33 WIB
Penulis: News Editor

SAN FRASISCO--Telepon pintar (smartphone) iPhone Apple masih yang paling populer di antara pembeli di Amerika Serikat pada bulan-bulan terakhir 2012, sementara Android teratas di seluruh dunia, Kantor  Worldpanel Comtech melaporkan pada Selasa (22/1).

"Pada akhir 2012, gambaran (sistem operasi) global menunjukkan Android berada di teratas, namun jelas tingkat pertumbuhannya yang dialami selama tahun lalu mulai melambat karena kemenangan mudah dari pembeli telepon pintar pertama kali mulai berkurang," kata direktur konsumen global Kantar, Dominic Sunnebo.

Iphone Apple menyumbang 51,2%  dari penjualan telepon pintar di Amerika Serikat selama periode 12-minggu yang berakhir 23 Desember tahun lalu, menurut Kantar.

Telepon pintar yang menggunakan perangkat lunak Android yang didukung Google menyumbang 44% dari penjualan, sementara telepon pintar berbasis sistem operasi Windows Microsoft jauh di tempat ketiga dengan 2,6%.

Telepon pintar Android terus menjadi "best seller" di pasar utama termasuk Inggris, China, Spanyol, Australia, dan Jerman, sementara iPhone disukai di Jepang serta Amerika Serikat, menurut Kantar.

Telepon pintar berbasis Windows tampak meningkat di Eropa, dengan pangsanya dari penjualan di Inggris dan Italia naik menjadi 5,9% dan 13,9%.

"Windows Phone kini mulai mendapatkan pangsa terhormat di sejumlah negara-negara utama Eropa," kata Sunnebo.

Namun, kinerjanya di China dan pasar AS tetap mengecewakan, ini tetap merupakan tantangan utama bagi Microsoft untuk diatasi selama 2013. (Antara/Reuters/if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ismail Fahmi
Terkini