RAMLI MENINGGAL: Obin terkenang semangat dan keuletannya

Bisnis.com,23 Jan 2013, 14:54 WIB
Penulis: News Editor

JAKARTA: Tokoh batik yang juga perancang busana, Josephine Komara, mengaku sangat terkesan dengan semangat seorang Ramli, salah satu designer Indonesia ternama yang meninggal pagi tadi.

Obin, panggilan akrab Josephine, terakhir kali bertemu dengan Ramli beberapa bulan lalu pada saat menghadiri perayaan ulang tahun Martha Tilaar di salah satu hotel berbintang di kawasan Bunderan HI Jakarta.

"Semangatnya seorang fashion designer yang bernama Ramli itu luar biasa. Belakangan, dalam keadaan lemas, sakit dan lelah, kalau kami ketemuan, Ramli selalu senyum. Senyum yang penuh kangen dan persahabatan," ujar Obin kepada Bisnis hari ini Rabu (23/1).

Menurut dia, semangat itu perlu dicontoh, termasuk semangat Ramli menghadapi hidup. Ramli, ujarnya, juga seseorang yang sangat konsekuen dengan ucapannya. Hal itu adalah salah satu hal positif yang menjadi teladan dari Ramli. "Keuletan dan fokus," tambahnya.

Obin sendiri juga baru saja berduka karena ibunda dan suaminya berpulang dalam waktu yang berdekatan, yaitu pada 17 Desember 2012 dan 10 Januari lalu. Sementara itu, salah satu galeri batiknya, BIN House di kawasan Menteng juga ikut terendam banjir pekan lalu.

"Saya hanya merasa, saya tidak bisa melihat Ramli," kata Obin yang tidak dapat melayat Ramli.

Jenazah Ramli sendiri telah diberangkatkan menuju ke pemakaman di Meleber, Kuningan, Jawa Barat sekitar pukul 12.30. Sejumlah sahabat mengantar pemakamannya, seperti Ghea Panggabean, Itang Yunasz, dan Samuel Wattimena. (arh)

 

 


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprika Rani Hernanda
Terkini