SAP Luncurkan Solusi CRM 360 Customer

Bisnis.com,08 Mar 2013, 14:24 WIB
Penulis: Febrany D. A. Putri

BISNI.COM, JAKARTA--SAP, perusahaan penyedia peranti lunak asal Jerman, kembali meluncurkan solusi customer relationship management (CRM) baru yakni SAP 360 Customer yang telah didukung platform SAP HANA.

Penggunaan platform HANA diklaim mampu mempercepat proses CRM perusahaan.

Vice President, LoB Costumer SAP Asia Pacific & Japan Ian Kinsella lebih lanjut mengatakan melalui SAP 360 CUstomer perusahaa dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan memaksimalkan nilai data pelanggan.

"Kami melihat perkembangan bring yur own device di kalangan karyawan perusahaan khususnya di Asia Pasifik dan Jepang cukup signifikan pertumbuhannya. Ditambah lagi CRM saat ini berperan sangat penting untuk interaksi sales person perusahaan langsung kepada pelanggan. Oleh karena itu, melalui SAP 360 Customer ini kami ingin menawarkan solusi menyeluruh," kata Kinsella saat jumpa media, Jumat (8/3/2013).

Kinsella menambahkan, ada tiga unsur penting dari SAP 360 Customer ini, yakni pemahaman konsumen (real time insight), interaksi (real time interactions), dan eksekusi (real time executions).

Real time insight memungkinkan perusahaan memahami pelanggan eksklusif mereka baik kebutuhan maupun preferensi. Melalui fitur ini, perusahaan juga dapat memprediksi perilaku pelanggan di masa datang dan mengakses sejumlah besar data dalam waktu yang singkat.

Real time interactions memungkinkan sales person perusahaan berinteraksi langsung dengan konsumen dan menunjukkan penawaran personal dari perangkat mobile yang dibawa, sementara real time executions dapat langsung mengeksekusi permintaan baik produk maupun jasa dari konsumen.

"Sebelumnya, kami pernah memperkenalkan solusi CRM, tapi perbedannya, saat ini kami sudah menggunakan teknologi HANA untuk membantu memberikan pengalaman real time,"tambah Kinsella.

Beberapa sektor industri yang dapat mengadopsi solusi tersebut di antaranya layanan finansial atau bank, telekomunikasi, dan ritel.

Bagi perusahaan mitra SAP yang telah menerapkan solusi CRM sebelumnya, SAP menyediakan jasa migrasi database melalui rapid deployment solution yang memakan waktu 3 pekan hingga 4 pekan untuk memindahkannya ke solusi SAP 360 Customer. (www54.sap.com) (msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Others
Terkini
'